Acara jumpa pers gelara Bohemia Fashin Week di Morabito Art Villa Sabtu 23 MAret 2024. (Abay)

Digelar 2 Hari Bohemia Fashion 2024 Week Jadi Awal Event Berkelanjutan di Bali

CANGGU BALI – Event perdana Bohemia Fashion Week 2024 yang digelar di Morabito Art Villa, Canggu Bali selama 2 hari 23 hingga 24 Maret 2024 akan menjadi awal gelaran event reguler yang berkelanjutan di kemudia hari.

Hal itu dikatakan oleh Taisia Berdysheva — founder of Bohemia fashion week, saat jumpa pers Sabtu 23 Maret 2024 di hadapan sejumlah wartawan. Menurut Taisia event ini tidak banyak menampilkan sekadar ajang fashion show karya para disainer saja tetapi juga menampilkan potensi besar industri fesyen , tekstil dan industri kreatif lainnya.

“Bali adalah tempat yang luar biasa untuk berkarya, Bohemia Fashion Week yang kami gelar perdana di sini rencananya palig tidak akan digelar setahun dua kali dengan pertimbangan ini adalah event strategis untuk membuka potensi besar di Bali termasuk ikut serta memajukan perekonomian warga disini,” jelas Taisia yang saat jupa pers didampingi oleh Edmund Daniel, dari Edmund Daniel Academy, Lenny Hartono, Founder of Stars Model, Aiza Liluna, Model, dan Mara Surkova, Disainer Brand MARA Sireno.

Season perdana Bohemia Fashion Week digelar 2 hari di Morabito Art Villa 23-24 Maret 2024. Ajang yang tidak hanya mengangkat fashion show, tetapi juga sebuah event strategis dalam membuka potensi besar kawasan ini dalam bidang bisnis, fesyen, tekstil, dan industri kreatif.

Sementara itu Lenny Hartono, salah seorang disainer andalan Pulau Bali sekaligus pengusaha multi talenta menyambut hangat kehadiran event ini yang menurutnya akan mampu menggairahkan para pelaku usaha industri kreatif di Indonesia khususnya di Bali.

“Saya bangga bisa bergabung di event ini yang mendatangkan sejumlah disainer dari luar negeri karena dengan begitu kami menjadi bersemangat ikut serta memajukan perekonomian masyarakat Bali. Kami berharap akan lebih banyak lagi para pelaku industri seperti ini dari luar negeri yang dibawa ke Bali serta event ini bisa berkelanjutan tak hanya sekali saja,” ujar Lenny Hartono.

Selain menampilkan perkembangan fashion saat ini, event ini juga menjadi wadah platform bisnis untuk menjalin komunikasi dan berkolaborasi. Dalam event ini akan semaraki oleh sejumlah disainer lokal Bali , Indonesia dan sejumlah negara termasuk Russia, Azerbaijan, Kazakhstan, Kalmykia, Lebanon, and Armenia.

Ditambahkan juga oleh Taisia Berdysheva — founder of Bohemia fashion week, acara ini juga menjadi perwujudan upaya melestarikan budaya Bali.

“Acara ini juga menghubungkan pengusaha, seniman disainer, dan pecinta fashion, tekstil, dan industri kreatif, proyek ini berupaya untuk merangsang pertumbuhan ekonomi di Bali,” ujarnya.

Ditambahkannya juga, event ini memberi kesempatan kolaborasi internasional bagi pengusaha lokal untuk terlibat dalam dialog penting dengan rekan-rekan di seluruh dunia, membina kolaborasi dan kemitraan internasional.

“Kami harap acara ini bisa membuat Bali menjadi tujuan utama investasi di bidang fashion, ekstil, dan industri kreatif, yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi secara keseluruhan,” imbuhnya.

Dalam acara ini juga digelar lokakarya dan gerakan ramah lingkungan dari Rusia, proyek ini menekankan pendekatan sadar lingkungan. “Kami mengharapkan partisipasi sekitar 50 desainer yang memiliki fasilitas produksi sendiri,” jelasnya.

Saat fashion show, juga tampil eco performance spesial dari brand Ottenok seorang Desainer yang menaruh perhatian pada tema penting perlindungan alam. Koleksi yang dibawakan para model terbuat dari kantong dan bungkus plastik bekas.

Acara ini menargetkan 600 tamu undangan dengan melibatkan komunitas lokal yang ikut bekerjasama. Termasuk para model agensi Bali serta sejumlah ekspatriat yang memiliki izin kerja. “Kami percaya bahwa sangat penting untuk memaksimalkan keterlibatan para profesional lokal, memastikan bahwa dana yang diinvestasikan dalam acara tersebut berkontribusi tidak hanya untuk mempromosikan pulau yang indah ini tetapi juga untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal yang berkelanjutan,” jelasnya lagi.

Bohemia Fashion Week di Bali 2024 berpotensi menjadi katalis perubahan positif, mendorong pertumbuhan ekonomi, pelestarian budaya, dan kolaborasi internasional.

Pemilihan venue acara di Morabito Art Villa juga berlatarbelakang indahnya perpaduan unik antara budaya Bali dan keanggunan internasional. Properti yang dirancang oleh visioner Perancis Pascal Morabito ini berlokasi tepi pantai yang menawarkan keindahan alam Bali yang mampu mewujudkan semangat inovasi dan harmoni budaya.

Jadwal Shows:

Sabtu 23 Maret 2024:

Anders (Bali)
Restu Pratiwi (Jakarta)
MAHA KANYA (Bali)
SHCHUR (Kalmykia)

Young Bali designers show:
Luh Gede Ayudya Sariningrat
Ni Wayan Sri Mas Wikaningsih
Krisna Gani
Ayu Trina
⁠Dika Saskara

Ottenok (Russia)
IRIS Swimwear (Russia)
Mantap (Bali)
Polli (Azerbaijan)
Cocolaubana (Lebanon)
Mara Sireno (Bali)

Minggu 24 Maret 2024

Inggi Kendran (Bali)
Yorgos Pogosyan (Armenia)
JANAVESNA (Russia)
Balicitrakebaya (Bali)

Young designers show:
Snaryd (Russia)
ArtYou (Bali)
Humans (Bali)

LENNY HARTONO (Bali)
Irina Neibart (Kazakhstan)
Bydam Apparel (Bali)
HORMESIS Attire (Bali)
Darya Zvyagina (Russia)
Muse (Bali)

Check Also

Kanwil Kemenkumham Bali Gelar Rapat Evaluasi, Komitmen Raih Predikat WBBM

DENPASAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali menggelar Rapat Evaluasi …