Festival Pantai Pandawa, Sukses Sebagai Ajang Promosi Sekaligus Panggung Bagi Pelajar Menyalurkan Bakat Seninya

Kabardenpasartv – Acara pembukaan Festival Pantai Pandawa ke-12 tahun 2023, senin (25/12) berlangsung meriah.

Guyuran hujan tidak menyurutkan semangat para seniman tampil mengisi acara demi acara, yang berlangsung dari sore hari hingga malam tersebut.

Termasuk sebanyak 200 anak -anak dari sekolah tingkat TK-SD di desa Kutuh Kecamatan Kuta Selatan yang menarikan tari Pendet, Tari penyambutan khas di Bali.

Festival Pantai Pandawa dirasa telah memberi dampak positif selama digelar sejak 11 tahun lalu. Setidaknya jumlah kunjungan meningkat dua kali lipat dari biasanya yang hanya 4.000 hingga 6.000 setiap hari meningkat menjadi 8.000 hingga 9.000 pengunjung.

Ketua Panitia Festival Pantai Pandawa Ni Luh Hepi Wiradani, mengatakan target kunjungan selama festival 8 hari adalah sebanyak 75 ribu orang.

Dengan harga tiket per orang Rp20.000 maka minimal pendapatan dari tiket masuk capai Rp1.5 M. Sementara potensi transaksi dari puluhan stand UMKM yang ada selama festival berlangsung sekitar Rp70 juta per hari atau sekitar Rp560 juta selama 8 hari.

Dampak positif lainnya adalah festival Pantai Pandawa menjadi ajang promosi yang efektif. “Festival ini bukan hanya sebagai ajang hiburan semata, tetapi juga sebagai sarana promosi untuk menunjukkan bahwa Pantai Pandawa terus berbenah demi meningkatkan kenyamanan pengunjung”, kata Hepi di lokasi acara Senin 25 Desember 2023.

“Tema festival kali ini adalah ‘Pesona Pandawa’. Kami ingin memberikan pengalaman yang tak terlupakan kepada pengunjung melalui berbagai atraksi seni dan budaya Bali yang akan dipertontonkan selama festival, siang dan malam,” tambah Hepi.

Bendesa Adat Kutuh Jro Mangku Nyoman Mesir mengatakan meski ada kemajuan dialami desa Kutuh dengan adanya Pantai Pandawa namun tidak membuatnya cepat puas.

Saat ini kunjungan wisatawan mancanegara masih dinilai kurang ke Pantai Pandawa. Dirinya bersemangat untuk bisa menggaet wisatawan mancanegara lebih banyak kedepan.

“Bupati Badung Giri Prasta sudah ada pembicaraan kita dia berkomitmen juga membantu mengembangkan”, tutup Mesir.***

Check Also

Jalin Sinergitas, Polda Bali Adakan Pertemuan dengan Biro Hukum dan Ham Provinsi Bali

DENPASAR – Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda Bali mengadakan pertemuan dengan Kepala Bagian Bantuan …