Di Bali, Kecelakaan Lalu Lintas Banyak Terjadi Malam Hari

Kabardenpasartv – Kecelakaan lalu lintas di Bali banyak terjadi pada malam hari. Hal ini karena warga yang beraktivitas pada malam hari juga banyak kata Kepala Cabang Jasa Raharja Bali, Abubakar Aljufri.

“Mungkin kecapean kerja malam hari atau yang pulang dari tempat hiburan malam, kawasan wisata, tidak kontrol sehabis minum-minum bisa jadi”, kata Abu.

Ditambahkannya jumlahnya korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Bali dari Januari higga November 2023 ini sebanyak 425 orang, naik dari tahun sebelumnya di periode yang sama yakni 356 orang , urai Abubakar dalam media gathering di Kantor Jasa Raharja Bali, Rabu (6/12/2023).

Upaya untuk menekan jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Bali terus dilakukan, “Kami dari Jasa Raharja telah menggandeng sejumlah potensi yang ada seperti desa adat, pihak sekolah, dan kampus untuk bersama-sama menekan angka kecelakaan lalu lintas,”jelas Abu.

Kalau dilihat data, Bali saat ini termasuk 10 besar provinsi di Indonesia dengan angka kecelakaan lalu lintas tertinggi.

Pembayaran santunan dari Januari hingga November 2023 sebesar Rp63,92 miliar lebih. Angķa ini meningkat sekitar 20,92 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp52,86 miliar lebih.

Abubakar mengakui, terjadi lonjakan klaim sepanjang tahun 2023. “Sudah melebihi target yang kita perkirakan di angka 53, 56 59 Miliar tapi saat ini saja sudah 63 Miliar lebih dan diprediksi bisa sampai 70 miliar di akhir tahun,” kata Abubakar.

Data juga menunjukan mayoritas penerima santunan kecelakaan berada direntang usia produktif (26-55 tahun) mencapai 41,12%. Disusul usia pelajar (11-25 tahun) 36,06%, usia balita dan anak-anak (00-10 tahun) 0,84%, dan usia lansia di atas 56 tahun sebesar 21,98%.

Pembayaran santunan kepada warga negara asing juga dilakukan tahun ini hingga November 2023 sebesar Rp382,9 juta lebih di mana dari 18 kasus sebanyak 8 WNA menjadi korban meninggal kecelakaan.

Khusus menyambut musim libur Natal dan Tahun Baru 2024 pihak Jasa Raharja Bali tidak saja fokus pada lalu lintas jalan raya, pihaknya juga menyoroti lalu lintas jalur laut. Ia mewanti-wanti agar tidak sampai terjadi kasus kapal tenggelam di jalur Gilimanuk dan Padangbai. “Koordinasi sudah dilakukan terkait hal ini”, tutup Abu.***

Check Also

Kanwil Kemenkumham Bali Gelar Rapat Evaluasi, Komitmen Raih Predikat WBBM

DENPASAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali menggelar Rapat Evaluasi …