Kebijakan Terbarukan: Revitalisasi Perlindungan Pekerja di Era Digital

Kabardenpasartv. Pertemuan L20 Summit yang membahas kebijakan fiskal dan ekonomi terkait kesejahteraan pekerja di dunia pada umumnya, dan Indonesia pada khususnya digelar di Golden Tulip Jineng Resort Bali.

Pertemuan yang dihadiri oleh negara-negara anggota G20 dari Uni Eropa, Afrika, serta Asia ini mengangkat tiga isu penting dalam dunia ketenagakerjaan yakni kebijakan bagi pekerja digital dalam era digitalisasi industry, dampak perubahan iklim dan pentingnya transisi berkeadilan sebagai dampak dari kebijakan global atas transisi energi dari bahan dasar fosil menjadi energi terbarukan bagi buruh pekerja. Sebagaimana yang disampaikan oleh Sharan Burrow, General Secreatry ITUC bersama dengan Ely Rosita Silaban ketua L20.

Dalam rapat yang diumulai sejak tanggal 13 November 2022 tersebut, tampak hadir di dalamnya, Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si, selaku Menteri Ketenagakerjaan RI yang menjelaskan peranan pemerintah pemberlakuan kebijakan ketenagakerjaan yang sudah ada dan menampung masukan dari para delegasi bangsa-bangsa untuk kedepannya. Di tanggal 14 November 2022, turut memberikan dukungan dalam pembahasan tersebut, Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku ketua G20. Dalam penjelelasannya beliau menekankan pada kebijakan ekonomi fiskal yang berimbas langsung pada keberlangsungan kehidupan rekan pekerja. Kehadiran ketua G20 sekaligus juga momen penyerahan Komunique Labor20 kepada pemimpin negara-negaraG20 yanga kan bersidang dalam KTT nya di Bali 15-16 Nopember 2022.  Sebagai penutup acara, hadir pula Gilbert F. Houngbo, Deputy Director-General, International Labour Office (ILO), Field Operations and Partnerships yang menyampaikan apresiasi tinggi atas perhatian rekan-rekan ITUC untuk terus mengawal keberlangsungan harkat hidup para pekerja. Dalam uraiannya, Gilbert F. Houngbo menyebutkan peranan ILO dalam membawa perhatian ini ke skala internasional dan terus mengeksplorasi kebijakan-kebijakan agar tetap relevan dengan perubahan dunia masa kini.

Sejalan dengan tema L20 yakni New Social Contract, diharapkan dari pertemuan ini akan segera tercipta pakem kebijakan bagi para penggerak media digital serta bagi para pengusaha dapat mengembangkan industrinya dengan menitikberatkan pada keberlangsungan kaum pekerja. ***

Check Also

Kanwil Kemenkumham Bali Gelar Rapat Evaluasi, Komitmen Raih Predikat WBBM

DENPASAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali menggelar Rapat Evaluasi …