Bupati Gianyar dan KAGAMA Bali Matangkan Sister Village for Tourism

GIANYAR – Untuk mematangkan rencana Sister Village for Tourism atau Desa Wisata Kembar antara sejumlah Desa di Gianyar dengan desa di Jawa Tengah, Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Bali sebagai fasilitator telah bertemu dengan Bupati Gianyar Agus Mahayastra.
“Ide sister village ini sudah disampaikan Ketua Kagama Gandjar Pranowo saat event Sayan Rumaket di Sayan Ubud bulan lalu dan disambut baik oleh Bupati,” kata Sekretaris Kagama Bali Arya Suhardja, dalam rilisnya Kamis (10/11/2022)
Dalam pertemuan pada Senin (17/11/2022), menurut Arya, Bupati berkomitmen untuk mewujudkan rencana itu sebagai bagian dari memaksimalkan masa baktinya yang tinggal 9 bulan saja.
Bupati juga menyebut adanya Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Ulapan (Ubud-Tegallalang -Payangan) yang memerlukan strategi, pemikiran dan implementasi.
”Beliau berharap, Kagama bisa bantu. Bila perlu legalstanding, Pemkab Gianyar bisa buat MoU dengan Kagama atau F.Par Unud,” jelasnya
Desa Wisata Kembar (Sister Villages) diharapkan bisa menjadi model pengembangan desa-desa wisata di KSPN Ulapan lainnya. “Pak Bupati pun lebih suka dengan studi banding yang konkrit memberi manfaat dan kerjasama berjangka panjang daripada hanya jalan-jalan habiskan anggaran,” kata Arya.
Pada pertemuan itu, Bupati bahkan menantang Forum Kades Gianyar untuk menjemput bola dimana awal bulan Desember 2022 bisa bertad=ndang ke Semarang, Tambi-Dieng dan Kemuning untuk mempelajari apa yang bisa ditiru dan diadaptasi kegiatan pengembangannya di Gianyar.
Bupati Gianyar pun memberikan dukungan pada berbagai kegiatan yang melibatkan Kagama di wilayah ini , salah-satunya kegiatan Sahasra Warsa Batuan pada bulan Desember nanti.
Selain Sekretaris Kagama, acara juga dihadiri sejumlah pengurus dan anggota Kagama antara lain perwakilan PP Kagama Agung Putra, Prof.Dr. Nyoman Sunarta, made Iwan Dewantama, Sureshwara Setiawan, Made Wartawan, Ari Anggara dan Komang Adi. Sementara Bupati Gianyar, didampingi Ketua Forum Kades Gianyar. (***)

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …