Dari Ambulance Motor, RS Tipe B Hingga Jadi Rujukan KTT G20, Jadi Momentum HUT ke-4 RS UNUD

Kabardenpasartv.com  -Ambulance motor kini disiapkan oleh Rumah Sakit Universitas Udayana (UNUD) Bali yang siap bergerak melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan emergency dilokasi sebelum dibawa ke RS untuk menjalani perawatan selanjutnya.

“Gratis, ada 4 unit motor disiapkan untuk menjadi ambulance motor oleh Tim ECU (Emergency Call Udayana) Rumah Sakit Universitas Udayana (RS Unud),” kata Direktur Utama RS Unud, Prof. Dr. dr. I Dewa Made Sukrama, M.Si., Sp.MK(K)., dalam jumpa pers 4 tahun keberadaan RS UNUD, Sabtu, 3 september 2022.

Program unggulan RS Unud tersebut sebagai langkah untuk memberikan pelayanan pertolongan emergency kepada masyarakat Bali dan wisatawan yang berkunjung ke Bali khususnya di wilayah Kabupaten Badung bagian selatan.

“Tim ECU akan membantu menurunkan angka kesakitan dan kematian termasuk kecelakaan saat kegiatan wisata khususnya area wisata Bali selatan ataupun akibat sakit lainnya seperti serangan jantung,” urai Dewa Made Sukrama.

Ditambahkan, Rumah Sakit Universitas Udayana (RS UNUD) atau yang juga dikenal RSPTN UNUD kini telah resmi menyandang predikat RS Negeri tipe B, dimana sebelumnya sempat menyandang RS tipe C sejak tanggal 3 September 2019, hingga melalui pengajuan peningkatan kelas untuk standar RS tipe B telah ditetapkan pada 27 Juni 2022 lalu melalui Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Kabupateb Badung, DPMPTSP, dan Labkes Provinsi Bali.

Selain saat ini menyandang predikat RS tipe B, RS UNUD juga merupakan RS rujukan pada kegiatan presidensi KTT G20 di Bali, dimana hal ini menjadi momentum paling bahagia dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 RS UNUD pada tanggal 3 September 2022, untuk terus berkomitmen mencetak calon dokter atau tenaga kesehatan (nakes), dan memberi layanan prima ke masyarakat di Bali.

Saat ditemui langsung disela-sela kegiatan Jumpa Pers perayaan HUT ke-4 RS UNUD, bertempat Ballroom Udayana International Convention Center (UICC) di Jalan Prabu Udayana No. 100, Sabtu (3/9/2022), Direktur Utama RS Unud Prof. Dr. dr. I Dewa Made Sukrama, M.Si., Sp.MK., (K) mengatakan, resminya RS UNUD naik tingkat ke RS tipe B ini telah ditetapkan melaui Surat Keputusan Rektor Universitas Udayana Nomor: 122/UN14.6/HK/2022 tentang Penetapan Pelayanan dan Jumlah Tempat Tidur Rumah Sakit Universitas Udayana.

Selanjutnya, Dirut RSPTN UNUD yang saat itu juga turut didampingi Dir yanmed dan Keperawatan, dr. I Wayan Aryabiantara, Sp.An (KIC), Dir SDM dan Akademik, dr. Komang Ayu Witarini, Sp.A (K), dan Dir Umum dan Keuangan, dr Made Ayu Haryati, MARS menambahkan, dengan adanya kenaikan kelas ini, secara tidak langsung RS UNUD juga meningkatkan pelayanannya, khususnya pelayanan gawat darurat di bawah Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang saat ini telah menggunakan sistem triase START (Simple Triage and Rapid Treatment) dimana pengkategorian pasien dibedakan menurut kegawatannya dengan kode warna. Kode merah untuk pasien gawat darurat, kode kuning untuk pasien gawat tetapi tidak darurat, dan kode hijau untuk pasien tidak gawat dan tidak darurat, serta pelayanan PONEK memberi pelayanan untuk kegawatdaruratan ibu hamil dan bayi baru lahir. Pihaknya juga menegaskan RS UNUD dengan SDM lengkap siap mendukung presidensi G20. (*)

Check Also

Komitmen Penegakan Hukum Keimigrasian, Kemenkumham Bali Deportasi 4 WN Rusia yang Overstay

Denpasar – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali melalui Kantor Imigrasi Kelas I TPI …