JMSI Bali Sambung Silaturrahim dengan Pemerintah Kota Denpasar

DENPASAR — Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Bali sambung silaturrahim dengan Pemerintah Kota Denpasar pada Selasa (25/1/2022). Organisasi yang menaungi perusahaan media siber itu diterima oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar di ruangannya.

Sekretaris JMSI Provinsi Bali, Yadi Permana menjelaskan maksud dan tujuannya adalah dalam rangka silaturrahim dan persiapan pelantikan Pengurus Daerah. Selain itu, ia juga menyampaikan agenda-agenda kolaborasi JMSI ke depan.

Mewakili Pengurus Daerah JMSI Bali, Yadi Permana berterimakasih atas penerimaan audiensi untuk menjalin silaturrahim dan komunikasi dengan Pemerintah Kota Denpasar. Hal tersebut sesuai dengan pesan Ketua JMSI Bali yang kebetulan berhalangan hadir karena ada tugas di Jakarta.

Menurut rencana, JMSI Provinsi Bali akan melaksanakan pelantikan pada bulan Juni mendatang. Beberapa tokoh salah satunya Ketua KPK RI, Firli Bahuri akan hadir dalam pelantikan tersebut.

“Hari Jum’at yang lalu Ketua JMSI Bali bertemu langsung dengan Pak Firli di Bandung. Ketua menyampaikan beliau (Ketua KPK RI) akan hadir di Bali,”

Yadi yang juga merupakan wartawan senior itu menyampaikan bahwa JMSI siap berkolaborasi dan menjalin kerjasama dengan semua pihak dalam hal pemberitaan dan penyebaran informasi. Tentunya, lanjut Yadi, kerjasama dalam konteks kebaikan dan kebermanfaatan.

“Beberapa agenda sudah kami (JMSI Bali) lakukan. Seperti halnya sosialisasi, diskusi publik, dan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kapasitas wartawan,”

Ia berharap, dengan hubungan dan komunikasi yang baik antara JMSI dengan Pemerintah Kota Denpasar, ke depannya dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Terlebih dalam hal penyampaian informasi dan sosialisasi program.

“JMSI berusaha untuk berkontribusi terhadap bangsa dan negara. Sebagai organisasi media siber, kami juga berupaya menghadirkan karya jurnalistik yang mengedepankan kode etik. Sehingga informasi yang tersaji dapat dipertanggungjawabkan,”

Yadi Permana dalam kesempatan tersebut menyerahkan salinan dokumen JMSI sebagai Konstituen Dewan Pers. Seperti diketahui pada Kamis, 6 Januari 2022 JMSI telah resmi menjadi Konstituen Dewan Pers setelah mengikuti verifikasi faktual.

Sementara itu, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai menyambut baik kedatangan JMSI Bali. Ia menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan Pengurus Daerah JMSI Provinsi Bali.

“Terima kasih atas kedatangannya dan selamat atas terbentuknya JMSI untuk wilayah Bali. Tentu dengan kehadiran JMSI ini akan menambah frekuensi sumber informasi bagi masyarakat Kota Denpasar khususnya dan Bali pada umumnya,”

Menurutnya, kehadiran organiasasi yang bergerak di bidang media sangat membantu terutama dalam penyebaran informasi. Masyarakat juga akan banyak mendapatkan sumber-sumber informasi dengan adanya media siber.

“Pemerintah Kota Denpasar akan senantiasa siap berkolaborasi dengan teman-teman JMSI,”
Terkait pemberitaan, Dewa Rai menegaskan Pemerintah Kota Denpasar siap membuka diri dan juga siap untuk berkolaborasi.

“Sesuai dengan pesan Bapak Walikota, ya tentu kita terbuka, siap bekerjasama dengan teman-teman media. Karena bagi kami, kehadiran media sangat membantu untuk menginformasikan, mensosialisasikan program-program kegiatan,”

Selain itu, Pemerintah Kota Denpasar sangat membutuhkan kritikan dan masukan. Salah satunya melalui peran serta media.

“Karena dengan adanya informasi yang disampaikan secara objektif itu akan menjadi sumber informasi juga. Sehingga pemerintah akan bisa mengambil suatu langkah-langkah tindak lanjut,”

Terkait JMSI sebagai Konstituen Dewan Pers, ia menilai media yang tergabung dalam JMSI akan bertambah kualitasnya. JMSI, lanjutnya, akan sangat mengedepankan etika jurnalistik dan menyampaikan informasi yang bertanggungjawab.

“Kita ketahui banyak berseliweran berita-berita hoax yang sangat mengganggu dan bisa memfitnah, memutarbalikkan fakta. Nah, ini sangat berbahaya sebenarnya,”

“Bahkan beberapa kejadian yang sering kita alami dengan kehadiran berita-berita hoax yang justru bisa mengganggu kehidupan kita berbangsa dan bernegara,”

Ia berpesan, melihat situasi dan kondisi perkembangan pandemi yang belum berakhir, JMSI diharapkan dapat memberikan contoh yang baik. Seperti halnya tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Dalam hal pelaksanaan pelantikan, ia mengingatkan agar panitia bisa berkoordinasi lebih lanjut. (*)

Check Also

Baru Dibuka Timezone ICON BALI Siap Menjadi New Hang Out Place di Pulau Dewata

SANUR – Warga Bali khususnya di Denpasar kembali mendapat alternatif tempat hiburan dan hang out …