Ingin Jadi Podcaster Terkenal? Kuncinya Adalah Konsisten

Gianyar Bali -Perkembangan internet memunculkan banyak inovasi baru di dalamnya, termasuk yang tengah hits adalah program Podcast. Podcast merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain.
Fajar Sidik, seorang Zinester & Podcaster, saat menjadi narasumber di Webinar Literasi Digital yang digelar oleh Kemkominfo dan Siberkreasi di Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat 3 Desember 2021 mengatakan pembuatan Podcast terbilang related mudah.
Podcast juga dapat diartikan sebagai rekaman audio yang membicarakan topik tertentu yang dapat didengarkan oleh khalayak umum kapanpun dan dimanapun melalui media internet. Berbeda dengan radio yang memerlukan frekuensi khusus dan waktu yang telah dijadwalkan untuk mendengarkan suatu topik, podcast lebih fleksibel untuk didengarkan kapan saja dimana saja selama memiliki perangkat dan koneksi internet untuk membuka platform tersebut.
“Intinya adalah rekam saja dulu karena membuatnya mudah dengan biaya murah dan Podcast mempunyai potensi komersial,” ujar Fajar Sidik dalam webinar yang dipandu oleh Eddie Bingky ini. Ia juga mengatakan bahwa salah satu kata kunci dalam pembuatan podcast adalah konsistensi.
Menurut Fajar, salah satu kunci pembuatan podcast adalah konsistensi. sebab sebagai salah satu platform modern di mana pendengar dapat mendapatkan informasi, podcaster harus menghadirkan konten-konten unik secara konsisten.
Lebih lanjut dikatakannya bahwa selain itu dalam pembuatan podcast kita harus memahami apa yang dibicarakan dengarkan narasumber dan setelah itu sebarkan seluas-luasnya. Yang juga penting bagi seorang podcaster adalah skill kreativitas. Kita juga perlu menetapkan strategi dan jenis konten yang kelak akan menjadi imager podcast yang kita ciptakan.
Kita juga dituntut untuk dapat menemukan gagasan secara rutin sehingga butuh seseorang yang kreatif untuk mengembangkan sebuah ide menjadi cerita yang menarik. Karenanya seorang podcaster harus selalu mengikuti perkembangan tren, terutama pada topik yang sering ia sajikan.
Sebab informasi yang update adalah salah satu faktor penting jika ingin memiliki acara podcast yang viral. Saat ini Podcast banyak diminati para pendengar karena menyajikan proses diskusi yang ringan, menarik, dan mendalam terhadap sudut pandang orang yang berbicara. Dibandingkan siaran radio pada umumnya, kadang orang lebih suka podcast.
Selain Fajar juga hadir pembicara lainnya yaitu Alaika Abdullah, Virtual Assistant & Digital Content Creator, I Wayan Gede Narayana, S.Kom, M.Kom, Direktur ITB STIKOM Bali Kampus Jimbaran dan Wicha Riska sebagai Key Opinion Leader.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …