Ini Kemampuan yang Mesti Dimiliki Generasi Milenial Sebagai Pemimpin

Yahukimo -Generasi milenial diprediksi akan memegang kendali banyak hal dalam lima hingga 10 tahun ke depan. Di tahun tersebut banyak generasi milenial yang menempati posisi-posisi strategis baik di perusahaan maupun di lembaga pemerintahan.
Oleh sebab itu sebagai calon pemimpin ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan oleh para generasi milenial. Hal tersebut diungkapkan oleh Shella Nadia, CEO Artifashion, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital wilayah Yahukimo, Papua, Senin, (29/11/2021).
“Bikin team dan buatlah SOP. Jangan apa apa dikerjakan sendiri. Gak mau keluar uang buat gaji orang, bikin aturan yang team kita harus kerjakan,” ujar Shella dalam webinar tersebut.
Kemudian, skill lain yang juga mesti dimiliki ialah menginfluence banyak orang. Shella mengatakan bawha sebagai pemimpin harus punya kemampuan mempengaruhi orang lain termasuk orang yang bekerja dengan kita.
“Bikin team kita punya respect dengan kita sebagai leader. Caranya dengan kasih penjelasan. Kasih contoh misal dampak kalau mereka gak ikutin yang kita intruksikan,” ujar dia.
Cara lain juga dengan mencontohkkan cara berjualan yang baik serta melakukan marketing dengan strategi.
“Cara marketing atau melakukan penjualan. Itu sebabnya kita harus menguasai strategi penjualan/target pasar produk kita, sebelum akhirnya punya team,” kata dia.
Selanjutnya yang juga harus dimiliki ialah kemampuan untuk mau dan tidak pernah berhenti belajar. Ia mengatakan bahwa setelah ti sudah mulai mengerti dan bisa mengerjakan itu semua, sebagai pemimpin bisa melakukan brainstorming
“Jangan berhenti belajar, upgrade ilmu, ngobrol dan bergaul sama coach dan orang2 yang sudah lebih dahulu sukses,” kata dia.
Dalam kesempatan tersebut Shella juga memaparkan mindset orang sukses. Ia memaparkan bahwa orang sukses bertanggung jawab atas hidupnya sendiri, tidak pernah menyalahkan keadaan atau orang lain.
“Orang sukses berkomitmen untuk berhasil, bukan hanya ingin. Orang sukses fokus terhadap peluang.Lalu, menerima kritik dan saran, belajar dari kesalahan. Kemudian, Orang sukses biasanya menyukai orang sukses lainnya (calon orang sukses biasanya mengagumi orang yg sudah sukses duluan, mau belajar sukses juga),” kata dia.
Lebih lanjut, sebagai seorang pemimpin seorang juga harus bisa mengelola keuangan. Seperti mengelola pendapatan harus lebih besar daripad pengeluaran.
“Yang juga penting tetap hidup sederhana sampai kamu benar benar kaya,” ujard dia.
Dalam webinar tersebut juga hadir Forita Deva Djadi, Pemilik Deva Wedding Event, Ida Ayu Gde Suwiprabayanti Putra, Dosen IT STIKOM Bali, Bayu Eka Sari sebagai Key Opinion Leaader .
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …