Mengenal Strategi Marketing Inbound dan Outbound di Media Sosial, Cocok untuk yang Mulai Berbisnis!

Denpasar Bali -Media sosial dapat menjadi platform promosi gratis bagi pelaku usaha seperti UMKM. Caranya mudah, kamu hanya perlu terhubung dengan internet dan membuat akun media sosial.
Dikatakan oleh owner sekaligus Shella Nadia, CEO Artifashion, ada beberapa startegi marketing berjualan di media sosial. Di antaranya adalah strategi marketing inbound dan outbound.
“Strategi marketing inbound fokus promosi melalui media sosial untuk membuat konten menarik seperti iklan Instagram, Facebook dan iklan di marketplace,” kata Shella Nadia saat berbicara dalam acara webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kota Denpasar, Bali, Kamis (25/11/2021).
Sementara strategi marketing outbond adalah cara melakukan kontak langsung dengn konsumen melalui email marketing atau membangun bisnis dengan reseller.
Lebih lanjut, Shella Nadia membagikan tips membangun tim reseller, beberapa di antaranya adalah:

  1. Memiliki kontak konsumen (database bisa lebih mudah menawarkan program yang sedang berlangsung)
  2. Ringankan Biaya Pendaftaran (karna biasanya reseller hanya mempunyai budget terbatas, maka dari itu, syaratnya seminim mungkin agar bisa dijangkau.
  3. Miliki Materi Pendukung untuk Memfasilitasi Tim Reseller (misalnya membuat group untuk reseller yang isinya ada foto dan harga special untuk reseller)
  4. Luangkan waktu untuk edukasi rutin dan pemberian reward.
    Di sisi lain, Shella juga menegaskan pentingnya terjun langsung ke media sosial untuk memerhatikan tren dan membaca komentar netizen.bIa mengaku gemar membalas komentar warganet yang kerap “salah fokus” saat melihat fesyen yang dikenakan public figure.
    “Masuk ke kolom komentar netizen dan balas satu-satu, ‘itu kayak yang ada di Artifashion’. Itu terbukti dapat meningkatkan penjualan. Asal gak komentar di platform brand lain aja,” tambah Shella Nadia.
    Selain Shella Nadia, CEO Artifashion, hadir pula dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kota Denpasar, Bali, Kamis (25/11/2021) Grace M. Moulina, Head Of Marketing Communications & Events Dept Finance Company, I Gede Bintang Arya, Co – Founder Baswara Press, Marizka Juwita sebagai key opinion leader.
    Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …