Begini Cara Tepat Mengenalkan Teknologi Digital Kepada Kelompok Sepuh

Lombok Timur -Teknologi digital telah menjadi sahabat masyarakat dunia. Banyak hal dilakukan secara digital mulai dari belajar, bekerja hingga melakukan aktivitas sehari-hari.
Hanya saja, tak semua orang atau kelompok memiliki pehaman teknologi digital yang mumpuni. Salah satunya orang tua atau kelompok sepuh.
Dikatakan oleh M. Indra Gunawan, Kepala Biro Akademik IAI Hamzanwadi Kab. Lombok Timur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan kelompok Milenial atau Gen Z saat hendak mengenalkan atau mengajari teknologi digital.
“Milenial harus mengerti peran penting mereka mengajarkan orang tua cara menggunakan teknologi digital mulai dari mengenalkan fitur, edukasi apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dunia digital,” kata Indra Gunawan saat berbicara dalam acara webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Jumat (19/11/2021).
Dengan begitu, kata Indra, orang tua akan tahu cara mengoperasionalkan teknologi digital seperti gadget, hingga bahaya dan pentingnya teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Satu hal yang tak kalah penting juga adalah peran generasi muda memberikan informasi dan menumbuhkan minat, kreativitas orang tua dalam mengembangkan usaha secara digital.
“Generasi Milenial memiliki peran penting memberikan informasi dan mempromosikan hasil usaha di digital. Ini salah salah satu peran generasi Milenial dan Gen Z,” tambahnya.
Lebih lanjut, Indra Gunawan mengatakan ada empat peran umum anak muda sebagai Guru Digital bagi orang tua. Empat peran itu adalah;

  1. Pendampingan terhadap orang tua dalam memberikan pemahaman tentang fitur fitur dimedia sosial;
  2. Sebagai Tutor TIM penggerak Usaha Keluarga (jual beli online, promosi melaui media sosial seperti Facebook dan Instagram
  3. Melakukan sosialisasi terhadap para orang tua tentang pentingnya digital;
  4. Memberikan informasi kepada sesepuh/orang tua cara melakukan transaksi melalui media sosial (pembayaran pajak, listrik, PDAM, tiket, dll).
    Selain Kepala Biro Akademik IAI Hamzanwadi Kab. Lombok Timur, M. Indra Gunawan, hadir pula dalam acara webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Jumat (19/11/2021) yaitu Forita Deva Djadi, Pemilik Deva Wedding & Event, Andrew Paulo, Forex Trader dan Denny Abal sebagai key opinion leader.
    Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Pantau Kebutuhan Daging saat Idul Adha, Polda Bali Datangi Tempat Pemotongan Hewan

DENPASAR – Personel Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda Bali mendatangi salah tempat pemotongan hewan …