Pelajari SEO dan SEM untuk Meningkatkan Penjualan Online

Belu NTT -Di era yang serba digital sekarang ini, pemasaran digital (digital marketing) menjadi metode baru yang sangat berperan penting dalam memasarkan suatu bisnis, terutama bisnis seperti online shop.
Digital marketing membantu suatu bisnis menjangkau lebih banyak audiens daripada melalui metode konvensional. Selain dapat menjangkau lebih banyak audiens, digital marketing juga lebih hemat biaya dan terukur. Digital marketing juga dapat membangun, meningkatkan, dan mempertahankan reputasi suatu bisnis secara online di semua platform digital.
Alex Iskandar, Managing Director IMFocus Digital Consultants dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Rabu 17 November 2021, mengatakan bahwa digital marketing menjadi salah satu kunci sukses dalam memasarkan brand.
“Jika digital marketing dimanfaatkan dengan benar akan jadi sebuah kekuatan besar. Setidaknya, selama pandemi, banyak usaha yang bertahan dan tumbuh dengan digital marketing,” katanya.
Lebih lanjut Alex mengatakan bahwa skill digital marketing atau online marketing dapat dikuasai dan dipelajari oleh siapa saja dengan berbayar atau belajar gratis dari Google dan lainnya.
“Walaupun kita tidak punya pengetahuan tentang itu tapi bisa dipelajari dan siapa saja bisa tanpa pandang umur,” imbuhnya.
Untuk meningkatkan penjualan kita di online marketing, setidaknya ada 5 hal yang harus dipelajari. Yaitu SEO atau search engine optimization yati suatu teknik yang membuat mesin pencari memperingkas suatu website di halaman 1 dan di peringkat atas.
Google memiliki sekitar 200 lebih parameter untuk menentukan peringkat atau bisa disebut 200 resep rahasia dalam algoritma ini yang harus kita pelajari. Google tidak memberi tahu 200 ini apa aja tapi sebagai konsultan kita harus mengetahui dan pengalaman yang menjadi faktor utama. Untuk mengetahui ini hasil tidak instan dan butuh waktu.
“SEO ini dapat dipelajari tetapi butuh waktu dan pengalaman skill atau bisa memaai jasa konsultan yang relatif dihargai mahal. Satu customer sekitar 5 juta,” jelasnya lagi.
Dengan memakai konsultan jasa marketing optimization for website internet marketing maka dengan teknik kita bisa menempatkan website kita di halaman 1 tanpa harus beriklan. Dengan menempatkan website di halaman 1 sehingga saat orang mencari sesuatu produk atau jasa kita ada di atas dan web kita yang akan dihubungi.
Yang kedua adalah teknik SEM atau search engine marketing atau promosi berbayar baik di Google Network, sosial media seperti FB, IG, Tik tok dan lain-lain. Biaya untuk ini bisa per klik atau per view. Bisa berbentuk iklan teks, iklan gambar, animasi dan video bisa dengan biaya variatif dan ada yang Rp20.000 sehari. Harga itu relatif terjangkau dibandingkan harga iklan jama dulu. Dulu beriklan hanya bisa di TV, surat kabar atau majalah dan biayanya bisa ratusan juta sekarang hanya 20 ribu sehari sangat terjangkau.
“Semua orang bisa beriklan tetapi tidak semua bisa sertifikasi dan menghasilkan konversi tinggi atau penghasilan yang baik untuk toko online,” katanya.
Selain Alex juga hadir pembicara lainnya yaitu Chyntia Andarinie, Founder Mom Influencer ID, Alfridus Mau Manek, s.Pd, MPd, Giru SMKN Atambua, Adry Basto sebagai Key Opinion Leader.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …