Keuntungan Pakai Dompet Digital

Dompu NTB -Salah satu teknologi yang membuat lebih praktis dalam bertransaksi di era ini ialah dompet digital. Dengan dompet digital, kita tidak perlu lagi membawa dompet, hanya perlu ponsel dan koneksi internet.
Dalam penjelasan Denny Abal sebagai key opinion leader, dompet digital adalah software yang digunakan untuk menyimpan rekening bank, alamat, dan identitas diri kita untuk melakukan pembayaran otomatis saat pembelian di internet. Dompet digital atau e-wallet memungkinkan kita bertransaksi elektronik secara cepat dan aman sesuai dengan saldo yang terisi.
“Fungsinya mirip seperti dompet saku berbentuk fisik, perbedaannya nominal dalam dompet digital hanya bisa digunakan pada retail rekanan yang bekerja sama dengan e-wallet yang tersedia,” jelas Denny dalam Webinar Literasi DIgital wilayah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Kamis (18/11/2021).
Menurut Denny, dompet digital bisa membantu kita mengetahui transaksi keuangan dan mengatur laju keuangan. Bagi orang yang sering lupa membawa dompet, penggunaan e-wallet ini bisa menjadi alternatif. Penggunaan dompet digital memiliki beberapa keuntungan.
Keunggulan utamanya ialah kepraktisan yang diberikan oleh dompet digital, kecanggihan teknologi membuatnya lebih efisien untuk bertransaksi di berbagai retail. Kemudian, jangkauan dari dompet digital itu sangat luas dan banyak tawaran promo dari layanan tersebut, seperti cashback, poin, atau diskon langsung.
“Kita tidak perlu repot membawa banyak uang tunai karena banyak kebutuhan yang bisa dibayar dengan dompet digital. Kita juga tidak repot bolak balik ke ATM untuk ambil uang tunai atau menunggu uang kembalian saat berbelanja,” ungkapnya.
Dompet digital juga menawarkan berbagai inovasi hanya dalam satu aplikasi, beberapa diantaranya terkoneksi untuk memesan transportasi publik, membeli makanan, hingga layanan logistin.Selain itu, dari segi keamanan dompet digital telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Masing-masing akunnya pun telah dilengkapi oleh keamanan PIN dan password, serta catatan transaksi.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Dompu, NTB, Kamis (18/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Rizky Rahmawati (Advokasi dan Managing Partner Law Office Amali & Associate), Randy Mandala (Kepala Unit RS Anggrek Mas Jakarta), dan Herdiyansyah (Ketua Umum HMI Cabang Dompu).
Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …