Cara Aman Pakai Paylater

Lombok Tengah -Kegiatan belanja online menjadi suatu hal yang lumrah sekarang ini. Ditambah masa pandemi membuat kita jarang keluar rumah, sehingga berbelanja online dianggap lebih praktis dan nyaman tanpa kontak fisik.
Dalam sebuah transaksi belanja online, beragam metode pembayaran pun digunakan. Salah satu yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat ialah Paylater. Secara sederhana, paylater dipahami sebagai sebuah fitur pembayaran yang disediakan oleh dompet digital ataupun marketplace. Kepraktisan dari paylater ini menjadi salah satu daya tarik. Akan tetapi, paylater juga memiliki risiko dalam penggunaannya, yakni menjadi konsumtif hingga berbagai modus penipuan.
Supaya terhindari dari risiko tersebut dalam menggunakan paylater. Ika Febriana Habiba seorang CX Manager menjelaskan, terdapat beberapa cara aman menggunakan paylater. Pertama, memastikan seluruh transaksi yang kita lakukan dengan fitur paylater dari penyedia jasa layanan yang legal dan memiliki izin. Kedua, berhati-hati terhadap tautan phising ketika berbelanja online.
“Kalau diminta masuk ke dalam situs, ketika di lihat alamat urlnya berbeda. Jangan langsung log in, jadi harus dilihat lagi situs aslinya. Walaupun sekilas terlihat sama, kita harus lebih waspada supaya tidak memasukkan identitas pribadi kita ke tempat yang salah,” jelas Ika dalam Webinar Literasi Digital di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (5/11/2021).
Ketiga, hindari penggunaan wifi publik karena ada kemungkinan peretas masuk lewat celah keamanan. Peretas bisa memasukkan malware atau virus ke perangkat kita untuk mengambil data pribadi. Keempat, aktifkan autentikasi ganda sebagai lapisan keamanan, bisa jadi OTP, PIN, fingerprint, dan lainnya untuk memverifikasi pemilik akun.
Kelima, jangan berikan informasi login ke siapapun. Meski telah mengaktifkan fitur keamanan ganda tetapi informasi login diberikan ke orang lain, tetap dikatakan tidak aman. Keenam, gunakan kombinasi password dan PIN yang kompleks, serta diganti secara berkala. Password kompleks berisi kombinasi dari huruf besar, kecil, angka, dan simbol.
“Ganti secara berkala dan kalau diganti itu seluruh passwordnya, jangan cuma angka atau hurufnya. Supaya peretas tidak dengan mudah menebak password atau kombinasi password kita,” imbau Ika.
Ketujuh, aktifkan notifikasi dari platform belanja online dompet digital. Meski bagi sebagian orang merasa terganggu karena banyak notifikasi promo, tetapi ketika ada transaksi mencurigakan kita bisa dengan mudah tahu dan segera melaporkannya. Kedelapan, pastikan ketika pembayaran tagihan itu ke rekening perusahaan, bukan ke rekening pribadi.
Selain itu, kita bisa juga cek apakah data kita telah bocor atau belum. Salah satunya melalui situs periksadata.com. Lewat situs tersebut, kita bisa mendapatkan informasi mengenai akun kita pada suatu platform digital yang telah mengalami kebocoran data.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Sofia Sari Dewi (Fashion Designer), Wire Bagye (Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Lombok), dan Denny Abal (Key Opinion Leader).
Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …