Penjualan Menurun? Ini 6 Tips Tingkatkan Performa Toko Online

Sorong Papua -Kemajuan zaman membuat tidak sedikit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang kini go digital dan berjualan secara online. Namun pandemi Covid-19 yang menghantam membuat penjualan menurun, karena menurunnya daya beli masyarakat. Apa yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkannya ya?
Josephine Brightnessa, seorang Marketing Manager, menjelaskan bahwa untuk bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan, UMKM wajib terus berinovasi.
“Tidak boleh stagnan alias diam begitu-begitu saja ya. UMKM dan toko online tetap harus berinovasi supaya tidak kalah dengan kompetitor,” tutur perempuan yang akrab disapa Jojo ini, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah kota Sorong, Papua Barat, Selasa 2 November 2021.
Jojo pun membagikan 6 tips meningkatkan performa penjualan toko online yang bisa Anda coba. Apa saja?

  1. Gunakan bahasa sederhana
    Penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti sangat penting bagi penjual. Bahasa yang sederhana terkait deskripsi barang, iklan dan promosi, maupun saat membalas chat membuat pelanggan lebih nyaman berbelanja.
  2. Pahami syarat dan ketentuan
    Tidak sedikit pelaku UMKM yang go digital namun belum memahami dengan baik syarat dan ketentuan yang berlaku di sebuah marketplace.
    “Harus dibaca dengan jelas, misalnya soal pengiriman, apakah ada pilihan instan? Kalau ada, kita harus siap mengirim sesegera mungkin ketika pesanan diterima. Kalau tidak, toko bisa kena pinalti dan penjual mengalami kerugian,” paparnya.
  3. Digital marketing
    Penggunaan digital marketing mulai dari google ads, facebook ads, dan berbagai macam ads lainnya penting agar produk UMKM muncul di lebih banyak halaman pencarian internet.
    “Penggunaan digital marketing juga harus diimbangi dengan branding di sosial media yang konsisten, termasuk beriklan di marketplacenya langsung,” terangnya.
  4. Foto produk

Aspek visual termasuk penggunaan foto produk yang jelas juga sangat berpengaruh terhadap penjualan. Jika foto yang ditampilkan jelek dan tidak menarik, pelanggan pun enggan membeli produk tersebut.

  1. Pelayanan pelanggan
    Pelayanan pelanggan yang maksimal membuat Anda berkesempatan mendapatkan review yang baik. Review yang baik adalah salah satu tanda kepercayaan pelanggan, yang membuat produk Anda lebih menonjol dibanding kompetitor.
    “Kita saja kalau mau beli barang, pasti liat review tokonya dulu kan. Apakah pelanggan lain memiliki pengalaman belanja yang menyenangkan, admin toko baik, dan mau menerima keluhan. Makanya kita sebagai penjual juga harus memerhatikan itu,” terangnya lagi.
  2. Aktif di market place
    Kekinian, tidak sedikit market place yang menyelenggarakan promosi secara daring lewat program diskon. Di sini, Anda harus aktif mengikuti program tersebut.
    “Biasanya 11.11 ada promo kan, nah toko kita juga harus ikut termasuk dalam yang memberikan promo. Ini dipastikan bakal meningkatkan penjualan,” terangnya.
    Hadir juga dalam webinar kali ini Yulia Dian (penulis dan konten kreator), Syafruddin Sabonnama (Anggota DPRD Kota Sorong), dan Chika Mailoa (Key Opinion Leader).
    Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Jalin Sinergitas, Polda Bali Adakan Pertemuan dengan Biro Hukum dan Ham Provinsi Bali

DENPASAR – Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda Bali mengadakan pertemuan dengan Kepala Bagian Bantuan …