Bijak Berinternet, Ini Cara Agar Aman Di Ruang Digital

Lombok Timur -Kemajuan teknologi internet kian pesat dalam beberapa tahun belakangan. Jika digunakan secara tepat, internet bisa membawa manfaat bagi para penggunanya.
Namun, jika tidak bisa dalam menggunakannya, justru akan menimbulkan konsekunsi ternsendiri di kemudian hari. Hal itu seperti diungkapkan oleh Ilham Faris, Digital Strategist dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
“Makanya, kita harus cerdas berinternet, hati-hati dalam berbagi dan berkomunikasi secara bertanggung jawab. Kemudian, juga harus cermat berinternet, jangan mudah tertipu,” kata dia.
Ia juga mengatakan bahwa dalam menggunakan internet harus tangguh dan juga bijak. Artinya penting untuk bisa menjaga ragasia privasi dan buat sandi yang tangguh.
Tidak hanya itu, untuk bisa lebih memanfaatkan internet sebagai ruang positif ia juga memberikan beberapa tips saat berinterksi di ruang digital. Hal pertama yang diingatkan oleh Ilham ialah hanya berbagi berita positif atau baik.
“Hormati orang lain, bahkan jika berbeda pendapat, verifikasi semua permintaan data pribadi, dan berhati-hati dengan link mencurigakan,” ujar Ilham.
Hal itu penting untuk menghindari kejahatan siber seperti misalnya phising. Ia menyarankan untuk selalu cek dan ricek link yang didapat dari orang lain.
“Jika menggunakan gembok, bukan dan menggunakan URL yang aneh, dapat dipastikan itu adalah HOAX atau link palsu,” kata Ilham dalam webinar tersebut.
Lebih lanjut, ia juga membagikan agar bisa tetap aman menggunakan internet. Beberapa tipsnya anatara lain Beberapa cara aman dalam berinternet meminimalisir penggunaan free WiFi di publik, jelajahi situs internet yang terpercaya, hapus history penelusuran online dan jangan pernah. membuat password yang sama dengan media sosial lainnya.
Dalam webinar tadi, juga hadir pembicara lainnya seperti, Rizky Rahmawati, Advokat dan Managing Partner Law Office AMali & Associates, Muhammad Said, Direktur Pelaksanaan Trust Me Education and Training Center Kabupaten Lombok TImur, dan Denny Abal sebagai Key Opinion Leader.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Jalin Sinergitas, Polda Bali Adakan Pertemuan dengan Biro Hukum dan Ham Provinsi Bali

DENPASAR – Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda Bali mengadakan pertemuan dengan Kepala Bagian Bantuan …