Berhasil Sumbang 186 Kantong Darah, Partai NasDem Bali Berpotensi Gelar Rutin Donor Darah Bantu PMI

DENPASAR -DPW Partai NasDem Bali berhasil menyumbang total 186 kantong darah dari penyelenggaraan 2 hari donor darah di kantor DPW Partai NasDem di jalan Tukad Batanghari 7 Kota Denpasar Bali, sejak 27-28 Oktober 2021.

Dengan jumlah mencapai seratusan kantong darah tersebut NasDem Bali sangat berpotensi secara rutin menggelar donor darah untuk memenuhi stok darah di kantor PMI propinsi Bali. Ketua Satgas Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Partai NasDem Jilid II, Dr. Dewa Gede Adi Palguna, S.Ked mengatakan sebelum pandemi Covid-19 banyak hotel di Bali yang menggelar donor darah, tapi sekarang karena masih banyak hotel yang belum beroperasi, kegiatan gelar donor darah jadi berkurang berdampak turunnya stok darah di PMI Bali. “NasDem melihat itu sehingga memilih kegiatan sosial donor darah di momen peringatan Sumpah Pemuda ke-93 kali ini,” kata dokter Palguna.

Dokter Palguna menambahkan kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya, PSP Berderma ( Program Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma ) yang waktu itu DPP NasDem menghimbau DPW NasDem di daerah serentak menggelar donor darah menanggulangi permintaan darah oleh pasien Covid-19 yang meningkat sigifikan.

“Partai NasDem melalui Garda Pemuda NasDem meluncurkan program PSP Berderma serangkaian peringatan 10 Tahun Garda Pemuda sekaligus Ulang Tahun Ke-70 Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, 16 Juli 2021. Situasi bulan Juli 2021 begitu mencekam ditandai dengan peningkatan pasien Covid-19 hingga sejumlah rumah sakit over kapasitas. Kebutuhan darah, khususnya plasma konvalesen atau darah yang berasal dari penyintas Covid-19 sangat tinggi. Inilah yang direspons serius Garda Pemuda NasDem,” jelas dokter Palguna yang sudah biasa bergelut di PMI.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Bali, I Kadek Sujanayasa mengatakan berbagi di masa pandemi tak selalu harus berupa sumbangan materi. “Ini rangkaian dari gerakan Pemuda Siaga Pandemi Jilid II. Kami bergerak untuk membantu sesama dan kebetulan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Kamis, 28 Oktober 2021,” ucap politisi yang kini mengemban amanah sebagai anggota DPRD Karangasem itu.  

Sujanayasa merinci Garda Pemuda NasDem bergerak bersama dengan Garnita Malahayati (Garda Wanita) NasDem, dan Badan Rescue NasDem bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali.

“Untuk kegiatan di hari pertama, kami melibatkan Garda Pemuda NasDem Jembrana, Buleleng, Karangasem, Bangli, dan Klungkung. Tak hanya kader NasDem, masyarakat umum juga sangat antusias mendonorkan darahnya untuk membantu sesama di masa pandemi Covid-19. Sebagai bentuk apresiasi DPW NasDem Bali memberikan sembako dan baju kaos bagi peserta yang memenuhi syarat sebagai pendonor,” kata Sujanayasa tokoh muda Kabupaten Karangasem yang selalu tampil ceria tersebut. (Abi)

Check Also

Jalin Sinergitas, Polda Bali Adakan Pertemuan dengan Biro Hukum dan Ham Provinsi Bali

DENPASAR – Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda Bali mengadakan pertemuan dengan Kepala Bagian Bantuan …