Cegah Mager Saat WFH, Ini 6 Tips Tetap Produktif dari Aktris Vizza Dara

Sumba Barat Daya -Aktris Vizza Dara mengakui bahwa kebijakan work from home (WFH) yang dilakukan selama pandemi Covid-19 membuat masyarakat memiliki waktu lebih banyak di rumah. Bagi sebagian orang, ini merupakan kabar baik yang patut disyukuri karena bisa lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga.
Namun di sisi lain, WFH membuat sebagian pekerja lainnya kesulitan mengatur waktu hingga mager (malas bergerak) yang membuat produktivitas menurun.
“Kebayang sih dari yang sebelumnya di kantor, ada bos, ada atasan yang mengawasi, sekarang kerja dari rumah, jadi harus mengatur waktu sendiri. Buat yang nggak disiplin, bisa-bisa kebablasan,” tutur Vizza, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Selasa 26 Oktober 2021.
Untuk itu, ia membagikan enam tips agar WFH di rumah tetap bisa dilakukan dengan produktif. Apa saja?

  1. Membuat jadwal harian
    Vizza mengatakan membuat jadwal harian penting agar Anda tahu apa saja tugas dan pekerjaan yang perlu diselesaikan. Dengan adanya jadwal harian, mengerjakan tugas akan menjadi lebih efisien.
    “Biasakan bikin jadwal harian satu hari sebelumnya, misalnya malam sebelum tidur. Sehingga Anda akan tahu mana tugas dan agenda yang perlu diprioritaskan untuk besok, mana yang bisa dikerjakan belakangan,” paparnya.
  2. Menentukan ruangan kerja
    Untuk membuat mood kerja maksimal, Vizza menyarankan Anda memiliki ruang kerja khusus di rumah.
    “Ketika Anda di ruang kerja, nggak akan terganggu dengan orang yang ada di rumah lainnya. Tidak perlu kamar khusus, cari sudut ruangan yang bisa membuat Anda nyaman bekerja,” terangnya.
  3. Disiplin dengan waktu
    Mengatur jadwal harian akan sia-sia jika Anda tidak disiplin dengan waktu. Selama WFH, Vizza mengatakan pasti ada godaan yang mengajak Anda untuk menelantarkan pekerjaan.
    “Buka online shop, browsing internet, main games, kan bisa saja dilakukan di tengah jam kerja ketika WFH. Makanya jangan tergoda dan harus disiplin ya,” paparnya.
  4. Batasi penggunaan handphone
    Selama WFH, penggunaan handphone sebaiknya dibatasi untuk mengurangi distraksi atau gangguan.

“Kalau hape nyala nanti sedikit-sedikit buka hape, pekerjaan jadi terbengkalai. Lebih baik hape ditaruh di tempat agak jauh supaya kita tidak mudah terdistraksi saat bekerja,” paparnya.

  1. Menghirup udara segar
    Meski WFH, kebutuhan akan menghirup udara segar tidak boleh diabaikan. Menghirup udara segar selain baik bagi kesehatan tubuh, juga mampu meredakan stres loh.
    “Caranya bagaimana? Ya bangun pagi. Keluar rumah saja, di taman atau halaman belakang misalnya. Menghirup udara segar sekaligus mendapatkan sinar matahari pagi, yang bagus untuk imun tubuh,” terang Vizza.
  2. Rutin olahraga
    Terakhir dan tak kalah penting, adalah rutin melakukan olahraga.
    “Tidak perlu ke gym atau alat-alat mahal. Modal Youtube saja bisa jadi cara olahraga di rumah. Mau yoga, zumba, atau senam pun bisa dicontoh dari Youtube,” katanya.
    Selain Vizza, webinar kali ini juga menghadirkan Ody Waji (CEO Waji Travest), Yulia Dian (Social Media Specialist), dan Christian B. Dangga (Ketua DPD KNPI Kabupaten Sumba Barat Daya).
    Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …