Bukan Cuma untuk Bisnis, Ini Manfaat Lain Penggunaan Internet

Daiyai Papua -teknologi internet membuka peluang bagi pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satunya adalah penggunaan digital marketing.
Azizzah Zuhriah, division head finance TC Invest, mengatakan digital marketing menjadi pilihan pengusaha yang ingin beriklan dengan memanfaatkan internet.
“Digital marketing menjadi salah satu cara beriklan yang mudah. Cukup bayar sekian rupiah, iklan produk Anda akan tampil di berbagai situs dan media sosial,” papar Azizzah, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Daiyai, Papua, Senin (25/10/2021).
Selain digital marketing, adanya internet juga membuat belanja online semakin mudah dilakukan masyarakat. Kini hanya dengan berbaring di kamar, Anda sudah bisa mendapatkan kebutuhan rumah tangga, pakaian, hingga makanan yang diantar langsung ke depan rumah.
“Adanya e-commerce semakin memudahkan orang untuk berjualan dan belanja online,” papar Azizzah.
Dari sisi perusahaan, penggunaan internet memudahkan proses pencarian tenaga kerja. Pun dengan pencari kerja, yang juga dimudahkan dengan adanya situs pencari pekerjaan.
Meski begitu, Azizzah mengatakan manfaat internet bukan hanya untuk dunia bisnis saja. Sejumlah manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan penggunaan internet antara lain:

  1. Hiburan: Internet merupakan tempat mencari hiburan terlengkap. Anda bisa menemukan film, musik, hingga games, untuk mengisi waktu luang maupun menyenangkan hati.
  2. Informasi: Internet juga menjadi tempat pertukaran informasi yang cepat. Meski begitu patut dipahami bahwa tidak semua informasi yang ada di internet akurat, Anda wajib melakukan crosscheck sebelum memercayainya.
  3. Perbankan: Penggunaan internet di dunia perbankan memudahkan transaksi keuangan yang kini bisa dilakukan secara online. Tak hanya itu, kebutuhan akan customer sevice pun juga bisa didapat secara online, tanpa perlu jauh-jauh datang ke bank.
    Selain Azizzah, dalam webinar kali ini hadir juga Alaika Abdullah (Virtual Assistant dan Digital Content Creator), Benson F Gultom (Digital Marketing Manager), dan Reza Aditya (Key Opinion Leader).
    Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …