3 Tips untuk Tetap Produktif di Masa pandemi: Baca Buku Hingga Cari Hobi Baru

Bima NTB -Pandemi Covid-19 mengubah tatanan kehidupan sebagian besar masyarakat. Salah satunya, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mengharuskan orang untuk lebih banyak di rumah.
Menurut Sondang Pratama, sutradara sekaligus pekerja seni, terlalu banyak diam di rumah bisa membuat orang menjadi tidak produktif.
“Memang kita disarankan untuk lebih banyak berdiam di rumah untuk menghindari penularan Covid-19. Tapi bukan berarti kita hanya diam-diam saja, kebanyakan magernya,” tutur Sondang, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Senin (25/10/2021).
Sebagai pekerja seni, Sondang mengaku mengalami penurunan pendapatan dan kehilangan sejumlah pekerjaan di masa pandemi. Namun, ia memilikih untuk tetap produktif.
Ia pun membagikan sejumlah tips agar tetap produktif di masa pandemi Covid-19. Apa saja?

  1. Membaca buku
    Sondang mengatakan kegiatan positif pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membaca buku.
    “Berapa banyak buku yang pernah Anda beli namun belum pernah dibaca? Mungkin sekarang waktu yang tepat untuk kembali membaca buku-buku yang ada di rak,” tuturnya.
    Sondang mengatakan membaca buku baik untuk otak dan pikiran. Sebab, membaca buku, baik itu buku novel, komik, maupun buku motivasi, memiliki manfaat untuk me-refresh pikiran.
    Tak punya buku? Jangan khawatir. Kini beragam bacaan bisa Anda dapatkan secara dengan gratis lewat internet di situs Perpustakaan Nasional.
  2. Mengembangkan hobi baru
    Kegiatan produktif lain yang bisa Anda lakukan selama di rumah adalah dengan mengembangkan hobi baru. Pernah ingin belajar bermain gitar atau melukis namun tak sempat? Sekarang waktu yang tepat untuk mencobanya.
    Dengan mengembangkan hobi baru, Anda bisa mengisi waktu dengan lebih bermanfaat daripada hanya tidur-tiduran saja.
    “Memiliki hobi juga bisa meningkatkan kreativitas, membentuk karakter, meningkatkan konsentrasi, hingga mengasah keterampilan sosial,” papar Sondang.
  3. Mengikuti kelas online
    Mengikuti kelas online dan mendapatkan pengetahun baru merupakan jenis kegiatan produktif yang bisa Anda lakukan dari rumah.
    Sondang mengatakan segala macam jenis pengetahuan bisa didapatkan dengan gratis di internet, seperti belajar bahasa asing, workshop, bahkan seminar online.
    “Webinar Literasi Digital ini salah satunya. Kelas online yang bisa meningkatkan kemampuan Anda menggunakan internet dan digital lainnya,” papar Sondang.
    Dalam kesempatan ini hadir juga Shella Nadia (Owner dan CEO Artifashion), Fajar Sidik (Zinester dan Podcaster at 30degree Media Network), dan Drs. Syahrul (Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bima).
    Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Pantau Kebutuhan Daging saat Idul Adha, Polda Bali Datangi Tempat Pemotongan Hewan

DENPASAR – Personel Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda Bali mendatangi salah tempat pemotongan hewan …