Hasil Muscablub Pemuda Pancasila Karangasem, Sujanayasa Terpilih Menjadi Ketua

KARANGASEM – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Karangasem menggelar Musyawarah Cabang Luar Biasa (Muscablub) dengan tema Bangkit Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Pancasila Kabupaten Karangasem Menuju Karangasem yang NaDi, pada Minggu 24 Oktober 2021 di wantilan Nawa Satya Kantor Bupati Karangasem.

Muscablub dihadiri Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, wakil Ketua DPRD Karangasem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha, Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta, Kapolres Karangasem, Kajari Karangasem, Dandim 1623, unsur Forkopinda Kabupaten Karangasem, serta plt Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Karangasem I Kadek Sujanayasa.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Pemuda Pancasila Kabupaten Karangasem I Gede Sandi, Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Bali, I Made Ariandi, Sekretaris MPW Bali, I Putu Gede Wirakusuma dan hadir dari unsur MPC Pemuda Pancasila, Srikandi Pemuda Pancasila, Komando Inti (KOTI) Pemuda Pancasila dan Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila serta seluruh pengurus dan jajaran kader Pemuda Pancasila di Karangasem, serta organisasi kepemudaan Kabupaten Karangasem lainnya.

Mengawali acara, Pimpinan Pemuda Pancasila Wilayah Bali I Made Ariandi menyampaikan, Pemuda Pancasila lahir dari tuntutan sejarah. Pemuda Pancasila menurutnya adalah anak idiologis, karena keberadaan Pemuda Pancasila sebagai organisasi yang mempertahankan idiologi bangsa Indonesia yakni Pancasila. Ia juga mengatakan bahwa Pemuda Pancasila adalah voulentir negara yang berjuang tanpa pamrih mengabdi dengan loyalitas yang tinggi.
“Di era serba cepat ini anak anak muda Pemuda Pancasila harus lebih kreatif dan inovatif, untuk mengembangkan diri dan organisasi. Selain itu juga kewajiban bagi Pemuda Pancasila dalam mengawal pembangunan di daerahnya masing-masing, sebagai wujud pengabdian.
Lebih jauh disampaikannya, Meski Karangasem saat ini sedang diterpa berbagai cobaan, namun hal itu akan membuat masyarakat karangsem semakin tangguh dari segi mental dalam mengahadapi berbagai cobaan cobaan yang menimpa. Untuk itu peran Pemuda Pancasila sangat penting dalam pembangunan untuk memajukan daerah juga bangsa dan negara.
Made Ariandi yang juga Ketua KADIN Provinsi Bali ini mengucapkan selamat melaksanakan Muscablub, “Mudah-mudahan hasil mencapai hasil yang terbaik dan bisa bekerjasama serta membawa Pemuda Pancasila berkontribusi terhadap pembangunan daerah Karangasem,” imbuhnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa dalam sambutannya mengatakan, dalam perjalanan sejarah perjuangan bangsa pemuda merupakan perintis pergerakan dan ujung tombak keberhasilan dalam mewujudkan dan menentukan perubahan arah bangsa Indonesia. Terlebih dikatakannya, Pemuda Pancasila lahir karena tuntutan sejarah, karena kegigihan untuk membela dan mempertahankan idiolagi Pancasila.
Lebih jauh Artha Dipa menyampaikan, dalam era sekarang ini Pemuda Pancasila mempunyai fungsi dan peranan sangat strategis, perlu mengembangkan potensi sebagai bagian dari pembangunan karakter anak bangsa untuk daerah dan bangsanya.Untuk itu diharapkan Pemuda Pancasila menjadi garda terdepan dalam mengawal pembangunan, dapat memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program yang dilaksanakan oleh pemerintah, sehingga keberadaan Pemuda Pancasila benar benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di daerahnya serta untuk bangsa dan negara
“Kedepan Pemuda Pancasila harus berani melakukan perubahan dan tidak takut akan perubahan, artinya Pemuda Pancasila dalam perjuangannya lebih mengedepankan daya pikiran untuk menciptakan ide-ide yang cemerlang dalam menjalankan organisasi. Selamat melaksanakan Muscablub semoga memberikan hasil yang terbaik,” ucap Artha Dipa.
Selanjutnya pengurus MPO PP Kabupaten Karangasem melaksanakan sidang pleno dalam pemilihan pengurus baru. Dalam keputusan tersebut menyepakati pimpinan sidang tetap untuk melaksanakan sidang-sidang selanjutnya. Pimpnan sidang tetap terpilih yakni I Gede Agus Sudarsana, Sekretaris Sang Made Suartama dan anggota I Ketut Sudana.
Dalam pelaksanaan pemilihan ketua MPC berlangsung seru dan sangat demokratis. Beberapa kali peserta Muscablub melakukan intrupsi. Namun akhirnya secara aklamasi seluruh peserta Muscablub sepakat, mengangkat I Kadek Sujanayasa untuk menduduki kursi ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Kabupaten Karangasem periode 2021-2025. Usai penyerahan Pataka Pemuda Pancasila kepada Ketua terpilih, tepuk tangan riuh dan pekik Pemuda Pancasila bergema atas terpilihnya Sujanayasa.
Pada kesempatan tersebut, usai terpilih Sujanayasa dalam sambutan pertamanya sebagai Ketua MPC Pemuda Pancasila yang sah menyampaikan, rasa terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk mengemban tugas-tugas dan kewajiban Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten karangasem.
Dirinya berharap atas penunjukannya, kepada seluruh jajaran Pemuda Pancasila untuk bekerjasama dengan baik dalam menjalankan organisai agar lebih berkembang dan maju.

“Tentu Pemuda Pancasila Kabupaten Karangasem memliki program yang erat kaitannya dengan kearifan lokal. Untuk itu ia akan berjuang dan berusaha sebaik-baiknya untuk menjalankan organisasi agar peran Pemuda Pancasila Karangasem bisa berkontribusi terhadap pembangunan di Karangasem,” terang Sujanayasa.

Ia menambahkan, keberadaan Pemuda Pancasila Kabupaten Karangasem diharapkan bisa memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat, serta membantu program-program pemerintah dalam mewujudkan Karangasem yang lebih maju.

“Kedepan kita akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah dan ketua MPW, yang tentu akan memberikan vibrasi yang baik dan positif untuk kita semua,” imbuhnya.

Diakhir acara Ketua MPW Pemuda Pancasila Wilayah Bali I Made Ariandi diberikan kehormatan untuk menggunting pita pertanda dibukanya secara resmi sekretariat MPC Pemuda Pancasila di Kabupaten Karangasem yang beralamat di jalan Jl. Ngurah Rai, Kecamatan Karangasem. (*)

Check Also

Kanwil Kemenkumham Bali Gelar Rapat Evaluasi, Komitmen Raih Predikat WBBM

DENPASAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali menggelar Rapat Evaluasi …