5 Cara Tetap Produktif di Rumah


Malaka NTT -Di masa pandemi ini kita merasakan sedih, susah, bosan, dan perasaan lainnya karena banyak hal yang terjadi di luar dugaan. Begitu pun dengan perubahan-perubahan baru di mana aktivitas fisik dikurangi dan berubah menjadi online.
Vizza Dara sebagai key opinion leader mengatakan, di tengah kondisi yang sulit ini kita tetap harus kreatif, aktif, dan produktif meski hanya dilakukan dari rumah. Ia menyampaikan cara-cara yang bisa kita lakukan di rumah agar waktu tidak terbuang sia-sia.

  1. Membuat To Do List
    Terdengar sederhana, nyatanya to do list atau jadwal harian ini memiliki banyak manfaat. Jadwal harian membuat setiap kegiatan kita lebih terstruktur. Jadwal pun bisa membuat segala pekerjaan kita jadi ditargetkan untuk selesai tepat waktu.
    “Tuliskan apa saja prioritas utama yang ingin kita kerjakan. Jadi (pekerjaan) enggak terlewat dan keteteran. Waktu pengerjaan juga lebih efektif dan efisien,” jelas Vizza dalam Webinar Literasi Digital di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, Kamis (21/10/2021).
  2. Menentukan Ruang Kerja
    Produktivitas akan semakin meningkat apabila kita memiliki tempat kerja yang nyaman di rumah. Vizza mengatakan, diusahakan kita tidak bekerja di kasur karena akan cepat mengantuk dan kehilangan konsentrasi. Kita dapat membuat suasana rumah layaknya suasana kantor untuk lebih fokus.
  3. Disiplin
    Berada di rumah membuat waktu kita menjadi lebih banyak. Karena waktu yang lebih fleksibel tersebut, kita harus lebih disiplin dengan waktu kita agar tidak ada yang terbuang sia-sia.
  4. Jangan Banyak Menggunakan Handphone
    Aktivitas penggunaan handphone tetap perlu dibatasi saat kita bekerja di rumah. Pasalnya, ketika kita menggunakan handphone sering kali tidak sadar dan lupa waktu. Akibatnya, pekerjaan jadi tidak selesai tepat waktu.
  5. Menjaga Imun Tubuh dan Berolahraga
    Kesehatan menjadi permasalahan utama yang harus diperhatikan. Apabila kita sakit, tentu tidak bisa produktif saat bekerja. Salah satu cara menjaga dan meningkatkan imun tubuh dengan rutin berolahraga dan menjaga asupan gizi sehat.
    “Walaupun kita di rumah saja usahakan untuk selalu bangun di pagi hari karena kita bisa menghirup udara segar, waktu jadi lebih banyak. Akhirnya kita jadi lebih produktif. Selain itu pikiran juga masih positif dan banyak inspirasi yang didapat,” tuturnya.
    Vizza mengingatkan, ketika kita ingin menjadi produktif biasakan untuk tidak membuang-buang waktu, terutama untuk menggunakan gadget atau hal yang tidak bermanfaat.
    Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Malaka, NTT, Kamis (21/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Alex Iskandar (Managing Director IMFocus Digital Consultant), Ody Waji (CEO Waji Travest), dan Krisantus Jumarto Tey Seran (Dosen UNIMOR).
    Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …