Korban Gempa Butuh Beras, DPD Partai NasDem Karangasem Bali Langsung Salurkan Beras Pada Kesempatan Pertama

Karangasem -Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Kabupaten Karangasem Bali tanggap atas bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, hari Sabtu pagi (16/10/).

Secara spontan para pengurus DPD NasDem Kabupaten Karangasem mengumpulkan dana sukarela yang kemudian digunakan membeli beras untuk disalurkan kepada korban bencana alam gempa bumi di dua Kabupaten tersebut, khususnya di Kabupaten Karangasem.

Sekertaris DPD Partai NasDem Kabupaten Karangasem Bali, Made Juwita mengatakan dana yang terkumpul langsung dibelikan beras karena kebutuhan mendesak para korban gempa menurut Juwita adalah beras. ” Kali ini kita pikir kebutuhan mendesak beras jadi itu dulu kita salurkan, ini spontanitas dari para pengurus DPD Partai NasDem Karangasem, “kata Juwita usai menyerahkan paket bantuan beras senin pagi (17/ 10/).

Juwita menambahkan, paket bantuan berupa beras tersebut diserahkan secara simbolis oleh ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Karangasem Bali, I Gusti Ayu Mas Sumatri
di posko bencana  yang diterima langsung sekertaris Desa Ban. Desa Ban merupakan salah satu titik terparah dampak gempa. Korban tidak hanya bangunan rumah warga dan tempat suci Pura, tapi juga nyawa 1 orang meninggal dunia dan 7 orang lainnya luka-luka.

Para korban yang sempat dilarikan ke RSUD Karangasem ada 6 orang, 3 orang diantaranya sudah diperbolehkan pulang dan 3 orang lainnya masih menjalani rawat inap.

Nopita Ni Kdk, balita umur 3 tahun alamat desa Ban Kubu, salah satu korban yang kini masih menjalani perawatan intensif. ” pasien mengalami luka dibagikan organ dalam, kencingnya berwarna merah jadi masih menjalani perawatan intensif, sedangkan dua pasien lain sudah pindah di ruang perawatan,” kata dokter dr. Edi Pramana di ruang IGD RSUD Karangasem minggu (17/10).

Dr. Edi Pramana menambahkan tiga pasien korban gempa Karangasem lainnya sudah langsung bisa pulang minggu kemaren setelah mendapat perawatan.

Data yang berhasil dihimpun kabardenpasar.com ada 6 korban gempa Karangasem yang dilarikan ke RSUD Karangasem pada saat peristiwa gempa terjadi diantaranya :

1. I Ngh Darma suka/ 27th
    Alamat : munti tianyar
    Dx : Luka Lecet
    Rawat jalan

2. Ni Nym Kristina / 28 th
    Alamat : Munti, Tianyar
    Dx : Cedera Kepala Ringan
    Planing : MRS STB 1

3. Ni Ngh Tileh / 56th
    Alamat : BD Bunga Ban Kubu
    Dx. Patah Tulang 1/3 tengah
    Planing : ORIF PS debridement (sedang OK)
MRS : STB

4.  Nopita Ni Kdk/Pr/3th
Alamat : BD Ban Kubu,
Dx : Keluhan kencing Warna Merah
Planning : pasien sedang di lakukan irigasi kateter , masih observasi n konsul DPJP

5. Nantra i nengah/51th/Lk
Alamat : BD jatituhu , Ban Kubu
Keluhan :nyeri bahu kiri
Planning : Pasien sedang di Rongten

6. Mustamin Ni Nengah/46th/Pr
Alamat : BD jatituhu, Ban, Kubu
Keluhan : nyeri bahu kanan
Planning : pasien sedang di Rongten

Kerusakan akibat gempa di desa Ban terparah di Dusun Cegi, yang terletak di ketinggian sekitar 1025 meter dari permukaan laut. Dari sebanyak 84 kepala keluarga (kk) di Dusun Cegi, 17 kk bangunan rumahnya rusak berat.  “Para korban yang rumahnya rusak berat terpaksa harus menginap di rumah saudara dan kerabatnya sementara,” kata kadus dusun Cegi, Nyoman Toya.

Toya menambahkan warga belum berani tidur di dalam rumah takut ada gempa susulan, “Mungkin sampai tiga hari kedepan masih tidur diluar rumah kita himba warga seperti itu, tutup Toya. (Abi)

Check Also

Kanwil Kemenkumham Bali Gelar Rapat Evaluasi, Komitmen Raih Predikat WBBM

DENPASAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali menggelar Rapat Evaluasi …