Jangan Asal Posting, Begini Tips Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Mataram -Internet kini telah menjadi bagian dari kehidupan sebagian besar masyarakat. Terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19, penggunaan internet jadi lebih intens dibanding sebelumnya.
Dalam webinar Gerakan Nasional Digital wilayah Kota Mataram Nusa Tenggara Barat, Jumat, (15/10/2021), Anggie Ariningsih, CEO Tech Company mengatakan bahwa waktu menggunakan internet rata-rata masyarakat Indonesia lebih dari enam jam.
“Rata-rata setiap hari waktu menggunakan media sosial itu lebih dari dua jam. Sementara untuk melihat televisi dan video streaming 3 jam,” kata Anggie Ariningsih .
Artinya, waktu di internet lebih banyak untuk hiburan, dan bukan untuk sesuatu yang lebih produktif. Anggie Ariningsih juga memaparkan bawha mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan waktunya lebih untuk update informasi (25,35 persen).
Sedangkan untuk bisnis dan dan pendidikan menjadi kegiatan yang paling rendah saat melakukan akses internet. Untuk itu, ia menyarankan untuk lebih memaksimalkan penggunaan media sosial dan internet untuk hal yang lebih positif dan produkti.
“Misalnya untuk mempromosikan bisnis. Semakin besar atau tinggi follower dan enggagement semakin besar kesempatan emndapatkan konsumen baru,” kata dia.
Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk personal branding bisnis secara terencana. Selanjutnya ia menayarankan menggunakan media sosial untuk membangun jaringan.
“Bisa dengan mengenal publik figur dan rekan seprofesi, meningkatkan peluang mendapat relasi bisnis, sampai meningkatkan peluang kerja,” ujar Anggie Ariningsih .
Terkahir ia juga mengatakan bahwa media sosial bisa digunakan untuk memperoleh berbagai informasi. Beberapa di antaranya seperti insipirasi rese masakan, design rumah, ide bisnis dan konten kreatif.
“Bisa juga follow akun yang memberi inspirasi dan pelajari keterampilan baru,” ujar dia.
Dalam webinar kali ini juga hadir Gebryn Benjamin, Lead Creative & Marketing Strategy, Hafsah, Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Mataram dan Denny Abal sebagai Key Opinion Leader.
Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …