Parameter Jejak Digital yang Dapat Dipakai


Lombok Timur -Menjaga kerahasiaan data diri di ruang digital menjadi hal paling penting jika ingin menciptakan dunia internet yang aman bagi setiap pengguna, diri sendiri maupun orang lain.
Menurut Doktor Suparlan, M.Sc.A Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UGR Kabupaten Lombok Timur, ada sejumlah hal harus dijaga di ruang digital terkait identitas diri kita termasuk identitas digital dan rekam jejak digital.
“Identitas digital adalah sistem yang diciptakan dengan tujuan mempermudah dalam melakukan proses dokumentasi identitas warga negara. Mengelola identitas digital sangat mudah karena keamanannya sudah canggih,” ujar Suparlan dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Rabu 13 Oktober 2021.
Meskipun sistem keamanan sudah canggih, lanjut Suparlan, tetapi seringkali kemampuan peretas selalu berusaha untuk menembus filter system yang dibangun oleh lembaga pemerintahan keuangan dan non government organization.
Karena betapa pentingnya menjaga kerahasiaan privasi karena bisa saja orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa membobolnya untuk menipu kita misalnya lewat telepon dengan mengaku aku sebagai diri kita kepada kerabat atau teman kita untuk meminta uang.
Untuk itu, penting bagi semua pengguna ruang digital untuk menjaga kerahasiaan data KTP dan data keuangan yang dimasukkan dalam aplikasi yang berujung pada kasus penipuan. Juga hati-hati mempublikasikan informasi pribadi yang mengarah pada bullying atau pelecehan daring serta membagikan informasi pribadi yang digunakan untuk serangan manipulasi psikologi.
Informasi pribadi yang harus dijaga itu termasuk nama kecil ibu kandung, alamat ibu kandung, pendidikan, agama, tanggal bulan dan tahun lahir umur istri atau suami kita serta rekening bank, nomor ATM PIN ATM nomor kartu yang lain.
“Itu semua harus dijaga ini, kalau lembaga itu minta identitas pribadi kita seharusnya dia bisa melindungi dan dia bisa menjamin. Juga ketika kita juga punya filter tidak sembarang memberikan identitas diri karena sudah banyak kejadian penipuan yang berawal dari sini,” katanya.
Selain kehati-hatian menjaga identitas digital, hal lain yang penting adalah pemahaman tentang rekam jejak digital Yaitu jejak data yang kita buat dan kita tinggalkan ketika menggunakan perangkat digital.
“Rekam jejak digital merupakan segala rekaman atau bukti yang ditinggalkan setelah beraktivitas melalui perangkat digital di internet dan terekam melalui komputer atau laptop juga smartphone,” jelasnya.
Sejumlah keuntungannya adanya rekam jeja digital adalah agar lebih mudah mengakses segala informasi dan dokumen terekam secara rapi. Rekam jejal digital ini dapat digunakan untuk proses perekrutan tenaga kerja, calon pelamar beasiswa bahkan promosi jabatan
Dalam dunia kerja terdapat beberapa parameter jejak digital yang dapat dipakai melihat calon karyawan melalui media sosial. Yaitu contoh kalimat yang sering diunggah, foto-foto, interaksi yang dilakukan serta lingkaran pertemanan calon karyawan.
Selain Suparlan juga hadir pembicara lainnya yaitu Ika Febriana Habiba, CX Manager, Adinda Atika VP Business Development, dan Sondang Pratama sebagai Key Opinion Leader.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …