Simak Kiat Belanja Online Biar Tidak Konsumti

Lombok Timur -Perkembangan ruang digital saat ini semakin cepat harus diimbangi dengan kecakapan digital yang mumpuni. Satu manfaat perkembangannya saat pandemi adalah di usaha e-commerce. Khusus di bidang penjualan online ini kemampuan literasi digital sangat dibutuhkan untuk mengubah mind set konsumtif menjadi produktif.
Seperti yang dikatakan oleh Ahmad Affandy saat menjadi Key Opinion Leader dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Jumat 8 Oktober 2021. Menurut Ahmad, teknologi digital ini sangat sangat membantu segala sisi kehidupan manusia disamping itu harus diimbangi dengan kecakapan digital yang baik.
“Literasi digital adalah kemampuan individu menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk tujuan tertentu. Literasi digital juga mampu mengubah prilaku pengguna digital menjadi lebih baik contohnya soal prilaku berbelanja,” ujar Ahmad Affandi dalam webinar yang dipandu oleh Yulian Noor ini.
Lebih lanjut dikatakan oleh Ahmad Affandy perilaku konsumtif adalah keinginan untuk mengkonsumsi barang-barang yang sebenarnya kurang diperlukan secara berlebihan untuk mencapai kepuasan maksimal. Sementara perilaku produktif adalah kegiatan membuat sesuatu dalam bentuk banyak dan berdampak pada hidup kita secara positif.
“Jangan berdiam diri dan jangan berlaku konsumtif lakukan sesuatu yang harusnya bermanfaat buat kita sendiri jangan lakukan yang sia-sia. Jangan sampai kalau lewat waktunya kita menyesal,” imbuh Ahmad.
Setidaknya kata Ahmad lakukan yang berguna untuk kita sendiri dan jika kita sudah melakukannya pada diri sendiri baru kita seperti orang lain. Untuk mengubah mindset konsumtif ini, Ahmad Affandy menyarankan untuk mengontrol hasrat belanja online dan catat pengeluaran.
“Apapun yang kalian beli apapun yang kalian keluarkan catat semuanya dalam satu minggu kalian catat pengeluaran untuk mengetahui berapa banyak uang yang sudah keluar dan untuk apa saja. Semuanya nanti ada kelihatan dan kita akan berpikir dalam satu minggu, 2 minggu,3 minggu dan 4 minggu pada saat kita melihat catatan makan akan kita tahu apa yang dibeli,” katanya.
Selain itu untuk mengubah mindset konsumtif kita juga bisa mencari kesibukan lain di waktu senggang . Jangan Beli sesuatu yang sesuai dengan kemauan kita. Karena kita tidak akan puas. Karena pasti kita ingin yang lain tapi kalau beli sesuatu berdasarkan sesuai dengan kebutuhan itu semuanya akan terjaga dengan baik.
Selain Ahmad Affandy juga hadir pembicara lain yaitu Shella Nadia, CEO Artfashion, Forita Djadi, Pemilik Dewa Wedding & Event dan Aris Sudianto, S.Kom, Dosen Fakultas Teknik Informatika Universitas Hamzan Wadi Kabupaten Lombok Timur.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …