Ketahui Lima Dampak Positif Media Sosial

Sumbawa -Memasuki era digital, peran media sosial secara bertahap semakin tinggi pada masyarakat. Fungsi media sosial juga terkadang semakin beragam termasuk memberikan dampak positif, terutama bagi pemuda Tanah Air.
“Mulai dari tempat bersosialisasi, mengutarakan ide kreatif, membuka bisnis hingga menjadi ajang promosi bisnis,” kata sutrada Sondang Pratama saat berbicara dalam acara webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Kamis (7/10/2021).
Lebih lanjut, Sondang membagikan fungsi-fungsi media sosial khususnya dampak positif media sosial bagi anak muda, seperti yang dipaparkan berikut ini.

  1. Fungsi bersosialisasi
    Fungsi media sosial bagi remaja yang pertama adalah menjadikan media sosial sebagai tempat bersosialisasi. Tak bisa dipungkiri lagi, media sosial membuat masyarakat menjadi terhubung baik dengan orang yang dekat maupun orang yang terpisah dengan jarak dan waktu.
    “Kalian juga memiliki koneksi dengan berbagai orang dari seluruh dunia. Tentu saja, hal ini cukup baik bagi kalian yang ingin bersosialisasi lebih luas,” kata Sondang.
    Media sosial juga membuat orang-orang yang terhubung tak perlu ke sana ke mari, karena hanya dengan satu sentuhan, semua orang bisa langsung terhubung.
  2. Tempat Banyak Ide Kreatif
    Lebih lanjut, Sondang menjelaskan fungsi media sosial berikutnya adalah tempat bagi ide kreatif. Meski mengikuti arahan dari ilmuwan dan guru dapat membuat semakin pintar, namun melihat ide kreatif di media sosial juga dapat menambah ilmu pengetahuan.
    “Banyak sekali inovasi yang bermunculan di media sosial. Ada tips, trik, petunjuk, materi hingga tutorial di media sosial. Kalian hanya perlu mencari dan menemukan ide tersebut.”
  3. Buka Usaha Bisnis
    Salah satu fungsi media sosial yang paling mengungungkan adalah membuka usaha bisnis. Media sosial dapat mempermudah konsumen melihat produk yang dijual. Di media sosial juga konsumen mengenal lebih dekat produk yang ingin dibeli.
    “Setiap usuha bisnis kini harus memiliki satu atau empat halaman di media sosial. Ini juga digunakan untuk melayani segala jenis pembeli. Media sosial sangat membantu membangun usaha bisnis,” tambahnya.
  4. Ajang Promosi
    Sebagai sarana membuka bisnis, fungsi media sosial juga bisa menjadi ajang promosi. Apalagi ajang promosi yang paling penting saat ini adalah via media sosial.
    “Kalian bisa mempromosikan produk dan jasa apapun. Oleh karena itu di media sosial banyak bermunculan iklan produk atau jasa.”
  5. Tempat Kabar dan Info Terkini
    Media sosial dapat menjadi wadah untuk mengabarkan kabar baik maupun kabar buruk. Tak jarang juga berita di media sosial lebih cepat daripada dari platform media arus utama.
    Hanya saja, media sosial juga bisa menjadi tempat berita yang perlu dipertanggungjawabkan lagi kebenarannya. “Untuk itu, sebagai pengguna media sosial ada baiknya memilih media apa saja untuk dibaca,” tambah Sondang.
    Misalnya, lihat kejelasan narasumber dan lebih teliti membaca berita. Ingat, kesalahan kecil meski sedikit dapat menimbulkan hoaks atau berita palsu yang berbahaya bagi masyarakat.
    Selain Sondang Pratama, hadir pula dalam acara webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Kamis (7/10/2021) yaitu Anggie Ariningsih, CEO Fintech P2P Lending, Agus Irawan Syahmi, budayawan asal Sumbawa dan M Randy Mandala, IT RS Anggrek Mas.
    Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Jalin Sinergitas, Polda Bali Adakan Pertemuan dengan Biro Hukum dan Ham Provinsi Bali

DENPASAR – Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda Bali mengadakan pertemuan dengan Kepala Bagian Bantuan …