Ini Pentingnya Menjaga Identitas Digital, dan Cara Menjaganya

Merauke Papua -Pesatnya perkembangan teknologi dan internet membawa banyak perubahan dalam kehidupan. Salah satunya terkait dengan identitas seseorang.
Berkat adanya teknologi digital saat ini, para penggunannya kini juga memiliki identitas digital. Hal itu dijelaskan oleh CX Manager, Ika Febriana Habiba, dalam webinar Gerakan Literasi Digital Wilayah Merauke, Papua.
“Identitas digital itu instrumen yang digunakan untuk membuktikan eksistensi seorang di dunia digital,” ujar Ika, Kamis, (7/10/2021).
Ika memaparkan bahwa identitas itu dapat berupa alamat email, nomor telepon, sebagai syarat mendaftar ke suattu layanan online. Ia melanjutkan bahwa saat ini identitas digital dapat berupa akun media sosial.
Sayangnya, lajut Ika, masih banyak masyarkat yang tidak sadar dalam menjaga identitas digital. Padahal, penting untuk menjaga informasi tersebut.
“Pertama itu mencegah kejatahatan siber, karena ketika identitas digital kita tersebut akan semakin lebih mudah dan rentan mengalami kejahatan digital,” kata Ika.
Ika juga melanjutkan bahwa pentingnya menjaga identitas digital juga agar bisa menghindari intimidasi secara online. Tidak hanya itu dengna menjaga identitas digital juga dapat menghindari pencurian dan perampuan.
“Ini juga penting untuj menjaga karir dan profesionalitas. Karena HR sekarang sudah hebat-hebat mereka melihat akun seseorang dalam merekrut,” kata Ika.
Selanjutnya ia juga mengatakan bahwa pentingnya menjaga identitas digital untuk bisa melindungi diri dari ancaman di masa depan.
Lebih lanjut ia juga memberikan cara dan tips untuk menjaga identitas pribadi di internet. Cara pertama ialah dengan menggunakan identitas digital lebih dari satu sesuai dengan kebutuhan.
“Berikan identitas pribadi ke pihak yang tepat, waspada atas tautan phising dan manipulasi,” kata Ika.
Ika juga menyarankan untuk bisa menggunakan kata sandi yang kuat dan diganti secara berkala. Adapun yang dimaksud dengan kata sandi yang kuat ialah minimal 12 karakter, meliputi huruh besar, huruf kecil dan angka.
“Lalu juga tidak mencantumkan informasi pribadi, dan juga tidak mudah ditebak,” kata Ika.
Dalam kesempatan yang sama juga ada Nannette Jacobus, Branding Strategis dan Content Creator, Marsujitullah Aldy Marwan, Dosen, dan Dhan Geisha sebagai Key Opinion Leader.
Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …