Bea Cukai Ngurah Rai Bali Dukung Pintu Masuk Wisatawan Asing Buka 14 Oktober 2021

Badung – Bea Cukai Ngurah Rai siap mendukung rencana pemerintah membuka pintu masuk wisatawan asing di Bali 14 oktober 2021. Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Kusuma Santi Wahyuningsih menyatakan kesiapan seluruh petugas Bea Cukai Ngurah Rai untuk menyukseskan rencana pembukaan Bali bagi wisatawan asing.

“Bea Cukai Ngurah Rai siap mendukung pembukaan kembali Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bagi penumpang internasional. Untuk itu, sejumlah inovasi dan perbaikan telah kami lakukan, diantaranya Electronic Customs Declaration (ECD) telah siap digunakan.

Pada saat ini ECD dan kelengkapan pendukungnya telah terpasang, telah diuji coba berulang kali, sehingga sampai saat ini kami nyatakan siap diimplementasikan. Dengan ECD ini, dipastikan kontak fisik antara penumpang dengan petugas Bea Cukai bisa kita eliminasi sebagai langkah nyata kami dalam mencegah penyebaran COVID-19.” ungkap Kusuma Santi.

Electronic Customs Declaration adalah inovasi yang dikembangkan Bea Cukai Ngurah Rai yang mengubah cara penyampaian Customs Declaration dari bentuk kertas formulir menjadi bentuk elektronik melalui laman www.cdbali.net. Disamping itu, Bea Cukai Ngurah Rai juga telah melengkapi fasilitas pembayaran pungutan negara di Bandara I Gusti Ngurah Rai menggunakan kartu (cashless).

“Pada Customs Area Bandara I Gusti Ngurah Rai juga telah kami lengkapi dengan mesin EDC, yang memungkinkan pembayaran pungutan negara oleh penumpang internasional secara cashless. Hal ini sangat penting untuk kelancaran proses kepabeanan penumpang, dan juga untuk pencegahan penularan COVID-19.” tambah Kusuma Santi

Kusuma Santi juga menyatakan bahwa seluruh Petugas Bea Cukai di Bandara I Gusti Ngurah Rai telah dibekali dengan vaksin dosis lengkap, alat pelindung diri (APD), serta pemahaman protokol kesehatan saat melakukan pemeriksaan kepabeanan atas penumpang.

“Seluruh petugas kami di Bandara I Gusti Ngurah Rai juga telah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap, dan telah kami bekali dengan APD dan pengetahuan protokol kesehatan dalam kaitannya untuk pemeriksaan barang atau pemeriksaan badan. Dengan demikian, kami siap saat nanti Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dibuka untuk penerbangan penumpang internasional.” tutup Kusuma Santi mengakhiri. (*)

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …