Ubah Mindset Konsumtif Menjadi Lebih Produktif di Ruang Digital

Lombok Timur -Internet telah menjelma menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia modern. Digitalisasi yang kian memengaruhi realitas sehingga masyarakat makin dituntut untuk beradaptasi dan cakap digital.
Suriadi, S. Sy, ME, Ketua Lakpesdam NU Lombok Timur 2019-2024 dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Jumat 1 Oktober 2021, mengatakan bahwa produktivitas penggunaan internet di masa pandemi semakin meningkat.
“Di masa pandemic akibat kebijakan belajar dan bekerja dari rumah membuat lonjakan penggunaan platform digital sampai 433 persen. Termasuk lompatan pemanfaatan transaksi keuangan digital,” ujar Suradi dalan webinar yang dipandu oleh Jhoni Chandra ini.
Terkait keuangan digital, semakin tingginya penggunaan internet di masa sekarang menimbulkan perilaku konsumtif terhadap penggunanya, Hal ini terjadi ketika seseorang melakukan aktivitasnya di dunia digital tanpa pertimbangan dan tanpa tujuan.
Menurutnya, sebagian besar penyebab masyarakat menjadi konsumtif dari sisi ekonomi yakni terbukanya layanan belanja yang praktis online shop yang makin menjamur. Juga penawaran paket wisata yang beragam serta banyaknya aplikasi yang menawarkan kredit.
“Apakah hal ini salah tentu tidak sebab ini bukan persoalan benar atau salah melainkan kurang selektif nya seseorang dan kurang baiknya seseorang terhadap perkembangan dunia digital,” imbuhnya.
Contoh belanja online yang ada di dunia digital tentu tidak sesimpel belanja di warung dan hal tersebut bisa mengandung unsur negatif bahkan merugikan pribadi penggunaannya.
Jika kita tidak selektif lebih lebih lebih tidak melek dalam hal digital. Maka dalam ruang itu sebagai generasi yang memang hidup di zaman serba digital melek digital saja tidak cukup kita dituntut cakap dan memiliki mindset yang produktif dalam dunia digital.
“Itulah mengapa literasi digital sangat berperan penting dalam mengubah mindset konsumtif menjadi lebih produktif di ruang digital,” bebernya.
Kecakapan ini harus segera diupayakan maksimal, sebab berdasarkan hasil laporan data pengguna internet di Indonesia semakin tinggi saja. Berdasarkan hasil laporan terbaru malah sudah mencapai angka lebih dari 202,6 juta.
“Bila dibandingkan dengan jumlah pengguna internet pada tahun 2020 ada kenaikan 15,5% atau lebih dari 27 juta orang dalam 12 bulan terakhir.Tidak hanya pengguna internet yang naik tetapi pengguna internet Indonesia rata-rata menghabiskan waktu sampai 8 jam 52 menit untuk mengakses internet,” paparnya lagi.
Sedangkan penggunaan streaming 2 jam 50 dan yang nongkrong di medsos 3 jam 14 menit, sedangkan hanya memakan waktu 1 jam 38 menit untuk membaca media online maupun offline. Untuk Podcast rata-rata menghabiskan waktu 44 menit dalam sehari. Sementara jumlah pelanggan seluler Indonesia atau menggunakan jaringan wi-fi sebanyak 195,3 juta.
Karenanya ketimbang memanfaatkan internet untuk sekedar berperilaku konsumtif, ada banyak aktivitas di ruang digital yang lebih bermanfaat. Misal saja di bidang bisnis pembuatan website usaha ecommerce bisnis start-up dan industri kreatif. Serta pemanfaatan lainnya untuk pendidikan dengan belajar jarak jauh, akses modul jurnal dan publikasi karya dan lainnya. Ataupun di bidang kesehatan publikasi sosialisasi, kampanye dan lain-lain .
Webinar Literasi Digital di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hadir pula nara sumber seperti Nico Oliver Penggiat Digital & Content Creator, Gebryn Benjamin Lead Creative & Marketing Strategy, dan Vizza Dara sebagai Key Opinion Leader.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …