Promosikan Jualan Anda Lewat Media Sosial? Ini 3 Cara Bikin Konten yang Tepat

Lombok barat -Membuat konten jualan Anda di media sosial menjadi salah satu metode promosi gratis yang penting dilakukan. Konten yang bagus dan menarik membantu produk Anda dikenal dan diingat oleh pembeli.
“Karena itu konten yang dibuat harus menaikkan engagement dengan costumer, yang memancing reaksi,” tutur Shella Nadia, owner dan CEO Artifashion, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Jumat (1/10/2021).
Dikatakan Shella, ia mencontohkan ada tiga jenis konten yang bisa menaikkan engagement dengan pembeli lewat media sosial. Pertama, adalah membuat konten yang mengajak pembeli untuk berinteraksi dengan produk-produk jualan Anda.
“Ini bisa sekalian untuk review. Caranya dengan unggah produk Anda, lalu tanyakan kepada customer yang sudah membeli untuk mereview. Sehingga customer bisa sekalian memberikan feedback,” tutur Shella.
Kedua, adalah membuat konten this or that. Caranya, dengan mengunggah dua produk yang dibandingkan secara langsung.
“Misalnya ada cardigan, lebih bagus warna mana? Nanti customer yang memilih this or that yang mereka sukai,” paparnya.
Ketiga, membuat konten outfit of the day alias OOTD. Konten ini berguna bagi pembeli yang kesulitan untuk memadu padankan pakaian yang ingin dibeli.
“Contohnya kalau kaos tangan pendek, kan bingung ya misalnya yang pakai hijab memakainya bagaimana. Dengan konten OOTD jadi terlihat kan, kaos pendek bisa dipadukan dengan cardigan, sehingga yang berhijab pun bisa pakai,” tuturnya lagi.
Perkembangan teknologi digital juga wajib dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku usaha UMKM. Dikatakan Shella, UMKM bisa menggunakan sejumlah aplikasi yang membantu mempermudah penjualan. Apa saja?

  1. Flip
    Aplikasi ini membantu untuk mentransfer uang antara rekening bank yang berbeda tanpa biaya administrasi.
  2. Selly
    Aplikasi keyboard dan dashboard untuk membantu penjual mengelola dan mengatur jualan, dengan membalas pesan pembeli hingga menghitung perkiraan ongkos kirim.
  3. Canva
    Tidak perlu bingung membuat poster atau desain konten yang menarik. Dengan Canva, Anda bisa membuatnya secara gratis.
  4. Inshot
    Ingin membuat konten dengan foto dan video yang seru? Inshot bisa membantu Anda mengedit video dengan menambahkan efek hingga backsound.
    Dalam webinar kali ini hadir juga Dedy Triawan (CEO MEC Indonesia), Hery Ramadhan (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Lombok Barat), dan Wicha Riska (Key Opinion Leader).
    Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
    Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …