Maksimalkan Keamanan Akun Anda, Ini Tips

Ternate Maluku utara -Bikin Password yang Unik Tapi Mudah Diingat
Menjaga keamanan akun Anda di internet menjadi poin penting dalam pencegahan kebocoran data pribadi. Pakar mengatakan cara untuk menjaga keamanan akun adalah menggunakan password yang kuat, unik, dan mudah diingat.
“Tidak perlu membuat password generator yang random sebenarnya sih. Ada cara membuat password yang unik dan kuat, tapi mudah Anda ingat,” papar Dedy Triawan, CTO MEC Indonesia, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Ternate, Maluku Utara, Selasa (28/9/2021).
Dedy mengatakan membuat password yang unik dan mudah diingat bisa dilakukan dengan mengambil inspirasi dari nama Anda. Ia mencontohkan jika seseorang memiliki nama Candra, tinggal mengombinasikan berbagai huruf dan simbol dalam nama tersebut.
“C-nya huruf kapital. Lalu A-nya pakai lambang @, N huruf kecil, D dan R ditukar tempatnya, huruf A terakhir ganti angka 4,” tutur Dedy lagi.
Selain mengombinasikan nama sendiri, Anda juga bisa mengombinasikan nama-nama lain untuk dijadikan password. Hewan peliharaan, klub olahraga favorit, atau tokoh dan karakter fiktif kesukaan bisa jadi password yang kuat.
Jika bisa, buatlah kombinasi beberapa nama yang nantinya bisa Anda gunakan secara berkala sebagai password. “Saya pribadi mengubah password setiap 2 minggu sekali. Jadi minggu ini password akun ini yang A, lalu minggu depan tukar jadi B. Begitu juga dengan akun-akun yang lain,” paparnya.
Meski begitu, Dedy mengingatkan menjaga keamanan akun tidak bisa dilakukan hanya dengan membuat password yang unik dan menggantinya secara berkala.
Ia juga menganjurkan masyarakat untuk menggunakan verifikasi 2 langkah setiap akan login ke akun internet. Dengan begitu, aktivitas login yang mencurigakan bisa segera dibatalkan aksesnya.
“Jangan lupa juga menggunakan PIN yang berbeda untuk setiap gadget. Jangan pernah memberikan PIN pada siapapun untuk menghindari peretasan,” tuturnya.
Selain Dedy, hadir juga sebagai pembicara Chyntia Andarinie (Founder Mom Influencer Indonesia), Arie Erffandy Daswir (Praktisi Komunikasi), dan Reza Aditya (Key Opinion Leader).
Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …