Jangan Sembarangan, Begini Cara Pakai Internet Secara Positif

Maluku Tengah -Tak bisa dipungkiri bahwa internet telah menjadi bagian hidup dari hampir seluruh masyarkat di dunia, khususnya Indonesia. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19, internet jadi salah satu solusi untuk bisa tetap melakukan aktivitas seperti bekerja dan juga belajar mengajar.
Namun demikian, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital Wilayah Maluku Tengah, Maluku, , Selasa, (28/9/2021), Rustam Hatala, Cyber Team & Content Creator, kembali mengingatkan pentingya untuk menggunakan internet dengan positif.
Ia mengatakan, penting untuk selalu mengakses internet yang aman, terlindungan dan juga hemat.
“Yang dimaksud dengan Internet yang aman dan sehat dengan perlindungan terhadap akses internet berdasarkan data informasi sehat dan terpercaya,” ujar Rutam.
Ia juga kembali mengingatkan untuk mengakses internet dengan mengedepankan nilai-nilai etika dan moral, serta kaidah yang sesuai dengan citra bangsa indonesia.
“Kemudian juga hindari penggunaan internet untuk yang berbau pornografi, privasi, penjudian, penipuan dan juga sara,” kata dia.
Dalam kesempatan yang sama, Gebryn Benjamin, Lead Creative dan Marketing Strategy, juga memaparkan pentingya untuk mengenali karakteristik generasi alpha. Pemahaman ini penting dimiliki oleh guru dan juga pengajar bagi generasi alpha.
“Generasi alfa sebagai generasi digital paling native. Gadget sudah menjadi bagian dari hidup mereka sepenuhnya dari mereka lahir,” kata Gebryn.
Ia melanjutkan bahawa secara pendidikan dan kehidupan generasi alfa berbeda dengan generasi sebelumnya. Mulai dari gaya belajar, materi yang dipelajari di sekolah sampai ke pergaulan sehari-hari.
“Ruang dan waktu tidak lagi menjadi batasan, jarak semakin tidak berarti, pergaulan tidak lagi ditentukan dari faktor lokasi” kata dia.
Jika dibanding dengan generasi Z, Gebryn menjelaskan bahwa generasi alfa mengenal komputer dan internet dan IOT sejak lahir. Sedangkan generasi Z belum mengenal IOT.
Dalam webinar tersebut juga hadir pembicara lainnya, Grace M. Moulina, Head of Marketing Communications Financial Company, dan juga Key Opinion Leader Denny Abal.
Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …