Peran Orang Tua Ajarkan Sisi Positif Internet

Manggarai Timur -Sama halnya seperti berbagai hal dalam hidup semua ada efek positif dan negatif. Begitupun juga dengan internet mempunyai dampak positif dan terdapat juga efek negatif. Semuanya dikembalikan bagaimana kita sebagai pengguna dalam menggunakannya.


Hal itu dikatakan oleh Nico Oliver Pegiat Digital & Content Creator dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, Senin 27 September 2021. Dikatakannya juga bahwa apabila digunakan untuk hal-hal positif maka akan menciptakan efek positif begitupun sebaliknya.


“Bagaimana kita memahami hal-hal yang berkaitan dengan internet akan membantu untuk menciptakan internet yang aman, baik untuk diri, kita anak-anak kita dan juga secara keseluruhan,” ujar Nico dalam webinar yang dipandu oleh Yulian Noor ini.


Lebih lanjut Nico mengatakan ada banyak sisi positif internet diantaranya yaitu memudahkan komunikasi jarak jauh, mempercepat penyebaran informasi, mencari penghasilan dan bisa mempermudah untuk belajar hal baru.
“Selain itu sisi positif dari internet adalah juga untuk memacu kreativitas dan sebagai sarana memperoleh hiburan,” imbuhnya.


Selain positif, sejumlah sisi negatif dari internet juga meminta kewaspadaan setiap penggunanya. Seperti pencurian data pribadi, penipuan online, cyber bullying, kejahatan seksual dan membuat setiap penggunanya kebanjiran informasi karena terlalu banyak sumber.


“Karena dengan banyaknya sumber banyak pihak-pihak yang tidak mempunyai kredibilitas untuk menginformasikannya. Selain itu dampak negatif lainnya adalah bisa membuat perubahan fisik penggunanya,” jelas Nico lagi.


Nico juga menjelaskan bahwa ada banyak risiko internet yang mungkin terjadi pada anak yaitu phising (penipuan untuk mendapatkan akses informasi pribadi), pencurian data pribadi, pembajakan akun akun di internet, penipuan online, cyber stalking, malware, cyber bullying serta eksploitasi/kejahatan seksual.


Karenanya peran orang tua untuk melindungi anak-anak dari risiko negatif sangat diperlukan. Ada banyak cara untuk melindunginya dan Nico memberi tips 7M untuk para orang tua. Yakni Mempelajari, Memahami, Menetapkan Standar, Mengajarkan, Menjelaskan, Membicarakan dan Mengawasi.


Ia juga mengatakan bahwa sebagai orang tua kita harus mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan internet. Terutama juga lah hal-hal yang biasanya dilakukan oleh anak-anak saat menggunakan internet.


Sebagai orang tua kita harus mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan internet. Terutama juga hal-hal yang biasanya dilakukan oleh anak-anak saat menggunakan internet.
Setelah mempelajari hal yang berhubungan dengan internet, serta yang biasa dilakukan anak-anak kita sebagai orang tua pun harus memahami hal tersebut seperti mekanisme penggunaan aplikasi aturan aplikasi serta aturan hukum yang berlaku baik dalam dunia nyata maupun dunia maya.


Setelah mempelajari dan memahami maka langkah selanjutnya adalah menetapkan standar penggunaan Kita sebagai orang tua harus menentukan mana yang kita inginkan dan tidak diijinkan untuk digunakan oleh anak-anak.
Selain Nico pembicara lain adalah Nannette Jacobus, Branding Strategist dan Content Creator, Yonas Castilo Murdini dan Ainun Auliah sebagai Key Opinion Leader.


Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.


Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …