Tak Banyak yang Tahu, Begini Cara Optimalkan Media Sosial Untuk Cari Cuan

Halmahera Utara- Banyak orang masih kerap menggunakan media sosial hanya sebagai hiburan. Padahal, jika digunakan secara optimal, media sosial bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan.
“Media sosial kini jadi powerful tools karena membuat kita tetap terkoneksi, membandung personal brand image yang nantinya bisa tetap beguna saat keadaan sudah lebih membaik dari pandemi,” ujar Nannette Jacobus, Branding Strategis dan Content Creator, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Jumat, (25/9/2021).
Oleh sebab itu, Nannette menyarankan untuk bisa lebih memanfaatkan media sosial kamu. Ia mengatkan bahwa media sosial bisa jadi wadah untuk promosi karya/
“Karya itu bisa berupa tulisan, lukisan, video musik, story time, edukasi, ataupun hiburan. Apapun bentuknya tunjukkan,” kata dia.
Dia juga lebih lajut mengatakan bahwa media sosial bisa jadi ajang untuk menceritakan kisah. Bahkan, kini banyak penjual online yang memanfaatkan cerita untuk lebih menarik pembeli.
“Kemudian juga bangun brand identity jangan hanya sekadar ada tapi bangun supaya keberadaan kita dikenal dan diingat,” kata dia.
Selanjutnya, Nannette menyarankan untuk memanfaatkan media sosial untuk membuka peluang baru. Dengan koneksi yang sudah ada dan terbentuk bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan.
“Di media sosial, konten adalah raja. Nah di media sosial ada yang namanya content marketing, atau teknik marketing yang relevan penting dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan untuk mengkonversi mereka menjadi konsumen,” ujar Nannette.
Ia mengatakan bahwa media sosial merupakan bagian dair content marketing. Oleh sebab itu program content marketing harus dijalankan dengan metrik atau tolok ukur yang jelas agar bisa memantau perkembangan dari media sosial tersebut.
Dalam webinar tersebut juga hadir Fajar Sidik, Zinester & Podcaster at 30 Degree Media Network, Muhammad Faisal Pataha, Dosen Poltekkes Ternate, dan juga Ainun Auliah sebagai Key Opinion Leader.
Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …