Terlantar, 25 Jenazah Dikremasi RS Sanglah Dengan Biaya 2,6 Milyaran

Denpasar -Sebanyak 25 jenazah telantar di RSUP Sanglah Denpasar dikremasi pada Kamis (23/9/2021).

“Ini adalah kegiatan yang rutin kami lakukan setiap tahun untuk melakukan kremasi jenazah-jenazah yang ada di Forensik yang terlantar, yang tidak diketahui identitasnya dan tidak ada keluarga yang mengambil jenazah di bagian Forensik RSUP Sanglah,” kata Direktur POU RSUP Sanglah, dr. Ni Luh Dharma Kerti Natih, MHSM.

Dikatakan, jenazah-jenazah yang dikremasi kali ini ada yang terlama tersimpan di bagian Forensik sejak tahun 2019. Biaya yang dihabiskan untuk menangani jenazah terlantar ini mencapai Rp2,6 miliar.

“Biaya pemulasaraan jenazah dari tahun 2019 bahkan sejak perawatan sampai sekarang itu sebesar 2,6 miliar rupiah, ini menjadi bagian dari CSR RSUP Sanglah karena tidak ada biaya dari manapun. Tapi kali ini Dinas Sosial yang membiayai proses kremasi 25 jenazah ini”, jelas Kerti.

Ditambahkannya belakangan sudah mulai ada komunitas agama tertentu yang berinisiatif untuk membantu melakukan penanganan atau pemakaman sekaligus memberikan penghormatan terakhir terhadap jenazah yang sudah teridentifikasi sesuai agamanya sehingga jenazah yang tersisa lebih sedikit.

Kerti Natih menambahkan pada tahun-tahun sebelumnya RSUP Sanglah bisa menangani lebih dari 30 jenazah telantar setiap tahun.

Kegiatan ini tentunya tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa ada dukungan atau bantuan dari pihak lain.  Kemudian, pihaknya juga mengapresiasi kinerja Kepolisian yang dengan cepat merespon terhadap jenazah-jenazah yang tidak memiliki masalah berkaitan dengan kepolisian.

Berikutnya, tim dari RSUP Sanglah sendiri yang sudah bertahun-tahun memberikan baktinya untuk melakukan prosesi kremasi, memberikan doa dan menyiapkan segala perlengkapan sampai prosesi kremasi berakhir.

“Ke depan semoga lebih banyak lagi ada komunitas yang bisa membantu kami dalam menangani jenazah-jenazah terlantar di sini,” pungkas dr. Kerti Natih. (*)

Check Also

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus Gelar Aksi Serentak “Green Employee Involvement” Bersama 2250 Peserta Menuju Masa Depan Berkelanjutan

LOMBOK – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, PLN Icon Plus menggelar aksi serentak bertajuk …