Sidak Blok Ruang Tahanan Warga Negara Asing di Rudenim

Petugas Rudenim sedang geledah barang di ruang tahanan memastikan tidak ada barang berbahaya dan narkoba. Foto: doc.Humas Kemenkumham Bali.


Mangupura – (22/9/2021) Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar melaksanakan
Sidak Rutin disetiap Blok Deteni dalam rangka antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak
diinginkan.

Bersama regu jaga Rudenim Denpasar melelakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) dengan
menggeledah seluruh Blok Deteni untuk memastikan kemanan Deteni yang ditahan di setiap bloknya.

“Sidak ini rutin kami laksanakan untuk memastikan keamanan deteni selama ditempatkan di Rudenim Denpasar. Tidak hanya Sidak kepada Deteni dan blok Deteni, kami juga melakukan pengecekan terhadap fasilitas seperti kelistrikan, air bersih, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan fasilitas lainnya.

Bahkan sebelumnya kami juga telah melaksanakan pelatihan penggunaan
APAR bagi petugas jaga”, Ujar Kepala Sub Seksi Kemanan (Tri Hermawan FK).

Dari sidak yang dilakukan pada 16 blok Deteni tidak ditemukan barang terlarang atau
berbahaya yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan. Dalam sidak ini hanya ditemukan beberapa barang seperti kayu, stop kontak yang rusak, garpu plastik, dan alat cukur.

Selain melakukan sidak pada blok Deteni, petugas juga melakukan pengecekan terhadap fasilitas seperti kelistrikan, aliran air bersih, dan APAR pada area kunjungan, blok dan ruang penjagaan untuk memastikan keamanan Deteni selama proses detensi pada Rudenim Denpasar.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali (Jamaruli Manihuruk) mengatakan per tanggal 22 September 2021, jumlah Deteni yang ditempatkan di Rudenim Denpasar sebanyak 21 (dua puluh satu) Deteni yang berasal dari Mesir, Venezuela, Rusia, Libya, Australia, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Italia, New Zealand, India, Nigeria, Tanzania, Prancis, Pantai Gading, Belanda, dan Turki yang mana mereka semua sedang menunggu proses pemulangan/pendeportasian ke
Negara Asalnya.

Sidak Rutin yang dilakukan oleh Rudenim Denpasar ini diapresiasi oleh Kepala Kantor
Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali. Beliau mengatakan Sidak Rutin ini sangat penting dilakukan untuk memastikan Keamanan dan Ketertiban di setiap blok agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Sidak Rutin ini sangat penting dilakukan.

Selain untuk mengecek setiap fasilitas yang ada, sidak ini juga bertujuan untuk meningkatkan Keamanan, Ketertiban, serta
menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan”, Pungkas kakanwil. (*)

Check Also

Biznet Perluas Jangkauan, Kembangkan Infrastruktur Kabel Fiber Optic Bawah Laut Pertama

Sepanjang tahun 2022 hingga 2023, Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital di Indonesia terus membuktikan komitmennya …